Paringin, (Antaranews Kalsel) - Dinas Kesehatan, Kabupaten Balangan, membagikan obat pencegahan massal (PPM) filariasis/penyakit kaki gajah.

Pemberian obat tersebut, dilaksanakan saat program pengobatan gratis, pelaksanaan  Pos pembinaan terpadu,  penyakit tidak menular (Posbindu PTM), Pos pelayanan terpadu (Posyandu) Balita, dan pengobatan massal gratis,di Kecamatan Lampihong, Kamis (19/10).

Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dan dukungan masyarakat setempat, dengan banyaknya warga yang datang kelokasi tersebut untuk mengikuti kegiatan pengobatan gratis.

Selain pengobatan gratis, Dinas Kesehatan Balangan juga melaksanakan aksi makan sayur dan buah, dimana kedua kegiatan tersebut merupakan program GEMA SEHATI "Gerakan Membangun (GEMA) Desa SEHATI" - Terwujudnya Kabupaten Balangan yang maju dan sejahtera melalui Sumber Daya Manusia.

Bupati Balangan, H Ansharuddin  turut  memeriksakan diri di lokasi Puskesmas Tanah Habang, Kecamatan Lampihong.

Bahkan, ia juga turut serta dalam aksi makan sayur dan buah bersama masyarakat. Pada kesempatan itu Bupati Balangan menyambut baik kegiatan dan berharap bisa dilaksanakan oleh Puskesmas lain. 

Dia juga menambahkan bahwa hal ini bagian dari monitoring pelayanan kesehatan di wilayahnya. Lebih jauh dia meminta kepada masyarakat agar menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari sarang penyakit. 

Kegembiraan H Ansharuddin pada kegiatan tersebut juga diungkapkannya melalui pemberian door prize kepada warga yang  mampu menjawab pertanyaan seputar kesehatan. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan H Nasa'i berharap kesempatan ini juga digunakan untuk mensukseskan kegiatan pencegahan penyakit kaki gajah atau filariasis. 

Warga yang antri tidak merasa lelah karena di hibur kesenian daerah berupa madihin yang acap kali membuat gelak tawa.


Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017