Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin, Priyo Eko Wisono mengungkapkan, para wirausahawan baru yang dibimbing pemerintah kota akan diberi pendampingan konsultan agar bisa sukses.


"Mulai tahun ini akan kita datangkan konsultan pendamping wirausahawan baru. Jadi kita tidak hanya memberi pelatihan buat pameran, tapi konsultan pendamping yang bisa mengarahkan mereka agar benar-benar bisa mandiri," ujarnya di Banjarmasin, Kamis.

Sebagai koordinator, kata Priyo, pemerintah kota ingin melihat bukti suksesnya para wirausahawan baru yang selama ini dibimbing sangat serius sehingga bisa mandiri dan berkembang.

Sudah ada sebanyak 500 wirausahawan baru yang dalam bimbingan pemerintah kota sejak 2016 hingga kini, di mana targetnya dari 2016 hingga 2021 sebanyak 2.500 wirausahawan baru.

"Sejumlah instansi lainnya juga terus berupaya membuka peluang mencetak wirausahawan baru. Target hingga 5 tahun ke depan diyakini bisa tercapai," ujarnya.

Menurut dia, untuk benar-benar sukses melakukan pembinaan terhadap wirausahawan baru yang berkelanjutan hingga mandiri, maka dibentuk kelompok-kelompok kecil sekitar 10 wirausahawan baru yang didampingi kunsultan.

"Sehingga pembinaan yang dilakukan lebih fokus dan terarah betul, tidak dilepas begitu saja," ucapnya.

Sebelumnya Wali Kota Banjaramsin H Ibnu Sina menyatakan, program menciptakan wirausahawan baru ini akan lebih terasa pada 2018, di mana pembinaannya akan berlanjut dari rekrutmen, pelatihan, pembinaan, permodalan sampai pemasaran.

Menurut dia, pencetakan wirausahawan baru ini akan menciptakan lebih banyak lagi peluang kerja, hingga perekonomian masyarakat bisa lebih meningkat yang tujuan akhirnya kesejahteraan.

Oleh karena itu, program mencetak wirausahawan baru tidak hanya dibebankan kepada satu instansi, namun sifatnya gotong royong semua instansi pemerintah kota dapat terlibat di dalamnya.

Apalagi, Kota Banjarmasin yang merupakan kota perdagangan dan jasa, kini bertambah menjadi kota tujuan wisata.

"Di sektor wisata ini akan bisa ditumbuhkan wirausahawan baru untuk menggenjot perekonomian daerah, ini sangat potensial," paparnya.*

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017