Barabai, (Antaranews Kalsel) - Tiga Lembaga Pelatihan Kerja Swasta (LPKS) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), menggelar Program Pelatihan Kepada Masyarakat (PKM) di bidang ketenagakerjaan tahun 2017.


Ketua Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (HILLSI) HST Norlaila Yuliyanti, di Barabai, Rabu (18/10), mengatakan, tiga lembaga yang melaksanakan antara lain LPK Cakrawala Komputer, LPK Cahaya Komputer, LPK Pancar Komputer.

"Program ini adalah bantuan dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI) Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas melalui Balai Besar Pelatihan Kerja (BBPLK) Bekasi,"katanya.

Dijelaskan dia, Pelatihan dilaksanakan selama 13 hari di tiga LKPS, dengan kejuruan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dengan total peserta 60 orang yang berasal dari 11 Kecamatan di Kabupaten HST, dibuka secara resmi Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP dan Naker) HST .

Bantuan program pelatihan ini  dimaksudkan untuk mendorong agar LPKS di HST yang bergerak di bidang pengembangan  Sumber Daya Manusia (SDM) dapat menyelenggarakan pelatihan secara lebih optimal dalam mencetak pelatihan yang berkualitas dan kompeten.

Untuk LPK Cakrawala Komputer, menurut dia telah melaksanakan pelatihan sejak tanggal 9 Oktober 2017 lalu, dengan materi yang mengacu pada standar kompetensi yang ditetapkan dan dibimbing para instruktur yang telah berpengalaman.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan Dinas PMPTSP dan Naker HST Ariffinnor, mengatakan, pentingnya generasi muda di usia produktif untuk menambah pengetahuan dan pengalaman kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

"Bekal keterampilan menggunakan komputer nantinya akan sangat bermanfaat untuk bekerja atau berwirausaha, apalagi di zaman sekarang kebutuhan dunia usaha akan tenaga terampil juga meningkat,"katanya, saat memberikan sambutan dalam pembukaan program pelatihan bidang ketenagakerjaan di LPK Cakrawala Komputer, Barabai, Rabu (18/10) sore.

Ia mengingatkan, para peserta pelatihan agar dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya, disiplin dan rajin mengikuti materi, karena dari sekian banyak pendaftar, hanya baru puluhan orang dapat mengikutinya tanpa dipungut bayaran.

Begitupun untuk pelaksana program, ia mengharapkan agar pelaksanaan pelatihan dapat berjalan dan dilaksanakan sesuai petunjuk teknis yang ditetapkan, dan keberadaan LPKS di HST dirasakan kemanfaatannya bagi masyarakat, utamanya pencari kerja di usia produktif.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017