Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 50 warga di lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-100 Kodim 1007 Banjarmasin diberikan penyuluhan tentang pertanian.

"Kami memberikan penyuluhan pertanian hortikultura tentang budi daya jamur tiram," kata PPL Dinas Pertanian Kota Banjarmasin Hepni di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakannya, penyuluhan yang diberikan itu terkait bagaimana cara membudidayakan jamur tiram.

Sarana yang digunakan untuk menanam jamur tiram, atau tekhnik pembuatan baglog atau media penanaman jamur tiram itu menggunakan serbuk kayu dan bekatul, tehknik fermentasi media tanam, pembuatan rumah jamur tekhnik perawatan dan tingkat kelembaban rumah jamur.

Kegiatan penyuluhan tersebut merupakan bagian dari operasi non fisik TMMD di Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin.

Sementara itu Komandan SSK TMMD Ke-100 Kodim 1007 Banjarmasin Mayor Inf Andi Nasharuddin di Banjarmasin, mengatakan penyuluhan itu diberikan agar warga mengetahui bagaimana membudidayakan jamur tiram sebagai alternatif usaha serta meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

"Mengingat jamur tiram sekarang ini merupakan salah satu komoditas pertanian yang cukup menjanjikan, maka kami ambil tema itu untuk penyuluhan," ucap Andi.

Terus dikatakannya, selain tentang pertanian, penyuluhan wawasan kebangsaan, radikalisme, kesehatan KB, Narkoba dan sosialisasi rekrutmen TNI juga sudah digelar Kodim 1007 Banjarmasin dalam kegiatan TMMD itu. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017