Makassar, (Antaranews Kalsel)- Sebanyak 500 peserta yang berasal dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti seminar nasional dalam rangka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-XV di Ruang Teater Menara Pinisi Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

"Seminar nasional ini diikuti kurang lebih 500 peserta yang berasal dari 34 provinsi dari utusan Badan Pembina Olahraga Mahasiswa (Bapomi) 34 Provinsi, pascasarjana, serta mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan," kata Ketua Panitia Seminar nasional, Arifuddin Usman di Makassar.

Seminar nasional tersebut  mengangkat tema "Kebersamaan dan Keberagaman dalam Pembinaan Olahraga Mahasiswa untuk Meraih Prestasi Melalui Pomnas VX 2017".

Ia menjelaskan, sesuai dengan tema yang diusung seminar ini bertujuan membentuk karakter dan menumbuhkan semangat juang demi mencapai prestasi terbaik membentuk sportivitas jiwa ksatria bagi mahasiswa.

Termasuk memupuk dan meningkatkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar mahasiswa se-Indonesia, meningkatkan dan mengembangkan persatuan dan minat bakat olahraga serta disiplin mahasiswa agar membangun prestasi.
"Seminar ini juga kami harapkan bisa membentuk dan meningkatkan mahasiswa dalam berbangsa dan bernegara berdasarkan pancasila," ujarnya.

Rektor UNM Prof Dr Husain Syam, MTP ketika membuka dengan resmi seminar ini mengatakan seminar ini menghadirkan narasumber yang mumpuni dibidangnya sehingga bisa memberikan gambaran bagaimana menciptakan kebersamaan dalam olahraga kepada mahasiswa sesuai dengan temanya.

"Selain bisa memberikan arahan mengenai komitmen dan menciptakan kebersamaan, para narasumber yang hadir saya kira bisa memberikan pembinaan mental kepada mahasiswa," katanya.

Ia melanjutkan, dalam pembinaan olahraga yang paling dibutuhkan adalah mental. Oleh karena itu, harus beriringan antara mental, keterampilan, dan knowledge.

"Ketiga hal tersebut harus seimbang untuk membentuk kesempurnaan yang bisa membawa kita mencapai prestasi,"katanya./f

Pewarta: Abd Kadir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017