Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Target Ketua TP-PKK Barito Kuala, Hj Noormiliyani AS, akan membedah 100 unit rumah warga kurang mampu selama 10 tahun mendampingi suami justru terlampaui.  

PKK sudah membedah 100 unit rumah setelah 14 unit rumah yang berada di kawasan Desa Bantuil Kecamatan Cerbon diresmikan penggunaannya oleh Bupati Barito Kuala Hasanuddin Murad, Jumat (13/10).

Sementara, Sabtu-nya (14/10), Bupati juga meresmikan 2 unit Rumah Sehat ala TP-PKK Batola untuk warga Desa Sungai Telan Muara Kecamatan Tabunganen.

Dari tambahan 2 unit rumah ini maka TP-PKK Batola telah membangunkan 102 rumah warga kurang mampu alias terlampaui 2 unit rumah, dari target sebelum masa jabatan sang suami berakhir 4 November 2017.

14 unit rumah yang diresmikan di Desa Bantuil RT 1, 2, 3, dan 4 masing-masing diperuntukan kepada keluarga Murhan, Muhdar, Nuriyah, Basrun, Hatnah, Johansyah, Badri, Atak, Katirin, Mahyuni, Barlian, Hatta, Norsehat, dan Kartasiah.

Rumah yang rata-rata berukuran 36 meter persegi dengan kelengkapan bahan bangunan berasal dari Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Batola.

Sedangkan upah tukang maupun biaya peresmian serta instalasi listrik berasal dari TP-PKK Batola.
Masing-masing rumah juga dilengkapi alat perabotan memasak bantuan GOW, televisi bantuan DWP, 23 jenis perabot rumah bantuan Dinas Sosial, dan keranjang ayam masing-msaing berisi 5 ekor bantuan Dinas Peternakan.  

Ketua TP-PKK Batola Hj Noormiliyani memaparkan, Program Bedah Rumah Sehat ala TP-PKK Batola ini terinspirasi pada tahun 2009 silam setelah ia melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Belawang dalam rangka sidak posyandu.

Saat pulang ia menyaksikan sebuah gubuk kecil yang sangat memprihatinkan dan dihuni seorang nenek jumpo memelihara 2 cucu yang sudah yatim. Dari itulah sehingga anak almarhum Gubernur Kalsel Aberani Sulaiman itu terinspirasi untuk melaksanakan program bedah rumah.

Sedangkan penerapannya dimulai pada saat kunjungan Ketua TP-PKK Provinsi Kalsel Hj Hayatun Fardah Rudy Ariffin di Kecamatan Anjir Pasar hingga sekarang.

Noormiliyani berharap, sepeninggalnya menjadi Bupati Batola nanti beberapa program unggulan PKK, terutama Bedah Rumah dan Gebyar Posyandu, hendaknya bisa diteruskan. Mengingat kedua program ini dinilainya sangat bermanfaat dan manusiawi.

Bupati Batola H Hasanuddin Murad sependapat dengan yang disampaikan Noormiliyani. Ia berharap program seperti ini ke depan hendaknya dapat dipertahankan dan kalau mungkin lebih baik lagi.

Dalam kesempatan itu, Bupati Hasanuddin Murad atas nama pribadi dan keluarga bersama
Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan sekaligus permohonan maaf kepada masyarakat jika terdapat kekurangan dan keinginan serta harapan yang belum dapat terpenuhi dengan baik. Mengingat masa jabatan mereka yang tinggal 20 hari lagi berakhir.

Hasan menyadari, apa yang telah diperbuat dan berikan belum seberapa. Mengingat disadari, sebagai manusia biasa tentu tidak terlepas dari kekurangan dan keterbatasan. Walau pun upaya yang dilaksanakan telah maksimal.

Peresmian 14 unit rumah Bedah Rumah Sehat ala TP-PKK di Desa Bantuil Kecamatan Cerbon ini ditandai pemotongan untaian melati oleh Bupati H Hasanuddin Murad dilanjutkan dengan peninjauan ke masing-masing rumah didampingi isteri Hj Noormiliyani, forkopimda, para pimpinan SKPD, para pimpinan organisasi wanita beserta pengurus, camat, forkopincam, dan para kades.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017