Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, mulai menggali dan menawarkan potensi keindahan alam Taman Hutan Rakya (Tahura) Sultan Adam ke beberapa wisatawan nasional maupun mancanegara.


Kepala Biro Pengembangan Produksi Daerah Pemprov Kalsel, Syah Jehan di Banjarmasin Selasa mengatakan, saat ini pihaknya terus berupaya menggali potensi sebagai pusat pertumbuhan baru ekonomi Kalsel.

"Saat ini salah satu yang menjadi fokus kita adalah menggali potensi baru antara lain pariwisata untuk ditawarkan kepada wisawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Potensi wisata yang ditawarkan, selain yang telah mendunia yaitu Pasar Terapung dan keindahan alam Loksado, juga beberapa potensi wisata baru seperti Tahura Sultan Adam.

Pengembangan potensi tersebut, salah satunya dengan mengikuti pameran yang diselenggarakan secara nasional.

"Baru-baru tadi, yaitu pada 28 September hingga 1 Oktober, kami juga mengikuti pameran perdagangan dan investasi di Bali," katanya.

Menurut dia, berbagai potensi Kalsel, khususnya di sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi dipromosikan dalam Bali Toutis, Trade, and Investment Expo 2017 (Bali TTI Expo 2017) di Malll Galeria Bali.

Dari potensi yang dipromosikan tersebut, tambah dia, antara lain wisata susur sungai Martapura dengan view Patung Bekantan Kota Banjarmasin dan Wisata Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam, Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar.

Selain berfungsi sebagai hutan raya, Tahura Sultan Adam terus dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan pesona alam yang dikelilingi pegunungan, Tahura juga dapat dijadikan sebagai wisata edukasi.

Wisata Tahura, kata dia, juga mengembangkan penangkaran rusa sambar, budi daya madu kelulut juga Beruang madu.

Selain itu, bagai produk unggulan juga dipromosikan dalam pameran ini, seperti madu kelulut, baras siam, batu permata, berbagai produk hasil dari UMKM binaan pemprov Kalsel, serta berbagai potensi investasi.

Menurut Syah Jehan, pameran di Bali merupakan program yang sangat menguntungkan, karena Bali merupakan salah satu destinasi terbaik dunia, yang banyak menyedot wisatawan mancanegara. 

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017