Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Bupati Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan menyerahkan sekaligus meresmikan penggunaan 10 mobil ambulance desa bagi masyarakat di Kecamatan Banjang.

Camat Banjang  Rusmadi Juriani di Amuntai, Senin mengatakan, pengadaan mobil ambulance desa ini menggunakan anggaran dana desa yang diatur pengadaannya melalui Keputusan Menteri dan Peraturan Bupati.

"Pengadaan mobil ambulance langsung didatangkan dari Jakarta, pihak pabrikan mobil atau dealer tidak berani menjual kepada pemerintah desa menggunakan alokasi dana desa jika tidak ada peraturan resmi yang 
mendasarinya," ujar Rusmadi.

Rusmadi mengatakan, sebanyak 10 desa di Kecamatan Banjang mengalokasikan anggaran dana desa untuk pengadaan mobil ambulance berupa pembelian masing-masing satu buah mini bus merk Daihatsu Luxio VVT-i warna putih.

Ia menerangkan, sebanyak 20 desa di Kecamatan Banjang belum ada satu pun yang memiliki fasilitas mobil ambulance sehingga melalui musyawarah desa di alokasikan anggaran untuk pengadaan mobil ambulance.

Rusmadi mengatakan, pengadaan ambulance tahap pertama ini hanya berupa pengadaan 1 unit mobil namun belum dilengkapi peralatan medis didalamnya yang rencananya akan dianggarkan pada alokasi dana desa berikutnya.

Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Abdul Wahid mengatakan pengadaan mobil ambulance berdasarkan musyawarah desa terkait pengelolaan dana desa.

"Atas keputusan hasil musyawarah yang sesuai dengan kebutuhan desa, maka pemerintah daerah memberikan rekomendasikan untuk pengadaan masing-masing satu unit mobil ambulance untuk 10 desa di Kecamatan Banjang.

Bupati juga mengatakan Pemda HSU siap memberikan rekomendasi serupa apabila desa-desa di wilayah Kecamatan lainnya juga mengajukan permohonan rekomendasi untuk pengadaan mobil ambulance menggunakan dana desa berdasarkan hasil musyawarah desa dan kebutuhan masyarakat di desa.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017