Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Bupati Barito Kuala, H Hasanuddin Murad memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017,  di halaman Kantor Bupati, Minggu (1/10).

Bertindak sebagai Komandan Upacara pada peringatan tersebut adalah Kabag Pemerintahan Setda Batola Muliansyah.

Upacara yang diikuti pasukan Kodim 1005 Marabahan, Polres Batola, Lapas, Satpol PP, Korpri, para pengurus organisasi wanita, AMPI, pramuka dan para pelajar SD, SLTP, SLTA sederajat berisi pembacaan teks Pancasila oleh Bupati Hasanuddin Murad, pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh Ketua Pengadilan Agama Marabahan H Parhanuddin, pembacaan Naskah Ikrar oleh Wakil Ketua DPRD Batola Mudjiadi, dan ditutup pembacaan Doa oleh Ketua MUI KH Husain Ahmad.

Upacara juga diikuti Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi, Sekdakab Batola H Supriyono, para forkopimda, Ketua TP-PKK yang juga Bupati Batola Terpilih periode 2017-2022 Hj Noormiliyani AS Hasanuddin Murad, Ketua GOW Hj Fauliah Ma’mun Kaderi, Ketua DWP Hj Sri Wahyuningsih Supriyono, para pimpinan organisasi wanita lainnya, serta para pejabat eselon II dan III.

Upacara kali ini merupakan peringatan ke-52 tahun Kesaktian Pancasila dengan tema peringatan kali ini “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur”.

Tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 153/Tahun 1967 tentang Hari Kesaktian Pancasila, karena berkat kewaspadaan dan daya juang seluruh rakyat Indonesia atas pengkhianatan G30S/PKI yang akan menghancurkan Pancasila dapat ditumpas dan digagalkan.

Hari Kesaktian Pancasila ditetapkan oleh pemerintah untuk menanamkan pesan di hati seluruh masyarakat Indonesia bahwasanya Pancasila sebagai ideologi negara tidak akan pernah tergantikan oleh paham apapun di bumi pertiwi, setelah sebelumnya terjadi upaya penggantian ideologi negara yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI).



Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017