Rantau, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 37 sekolah adiwiyata tingkat SD, SMP dan SMA se Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, menanam bibit pohon Ramania/Gandaria (bouea macrophylla griff) dan sisrsak (annona muricata) di kawasan hutan Kota Rantau Baru.
    
Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tapin Hj Rina Indriani Senin, mengatakan pihaknya menyiapkan 40 bibit pohon Ramania dan Sirsak.
    
"Kita mengajak para pelajar ini guna menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan sedini mungkin," ujarnya.
    
Kegiatan yang melibatkan ratusan siswa tersebut di prakasai oleh Dinas Lingkungan Hidup yang menggandeng Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapin.
    
Rina menjelaskan, dipilihnya bibit pohon buah-buahan pada aksi tersebut, agar kedepan mereka merasakan manfaat apa yang telah ditanam hari ini, selain rindang, jenis pohon tersebut kelak akan berbuah dan bisa dinikmati.
   
 Ketua KNPI Tapin Fikri Ramadan, menambhakan sekolah yang mengikuti menanam pohon adalah sekolah Adiwiyata yang ada di Tapin.
    
"Karena menanam pohon juga sebagaimana langkah kita untuk melakukan penghijauan, dan saya harapkan para pelajar juga bisa menanam pohon di rumah atau disekolah mereka," jelasnya.   
    
Dalam aksi menaman pohon tersebut, turut hadir Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan yang terus mengajak seluruh elemen masyarakat agar selalu peduli lingkungan dan sebagai upaya menjadikan kota Tapin sebagai kota oksigen.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017