Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan, kontingen atlet daerahnya menargetkan meraih 125 medali emas untuk bisa mempertahankan juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalsel di Tabalong, 8-15 Oktober 2017.

Hal itu ditegaskan saat melepas kontingen atlet Kota Banjarmasin yang akan berlaga di Porprov X Tanjung di depan Balaikota Banjarmasin, Kamis.

"Target kita di Porprov ini untuk keempat kalinya menjadi juara umum, tentunya harus bisa meraih sekitar 125 medali emas," ujar Ibnu Sina.

Dia menyatakan, pemerintah kota akan memberi apresiasi berupa bonus bagi peraih medali emas di Porprov ini sebesar Rp20 juta.

Ibnu Sina menyatakan tidak bisa menjanjikan atlet yang berprestasi di Porprov ini akan bisa diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun, tutur dia, sedapat mungkin pemerintah kota akan memberikan pembinaan yang berkelanjutan bagi atlet yang berprestasi ini untuk karir kedepannya.

"Kalau formasi ASN atau PNS kan sejauh ini sudah tujuh tahun moratorium penerimaannya, mungkin sementara bisa diupayakan jadi tenaga honorer," paparnya.

Di luar semua itu, Ibnu Sina mengharapkan semua atlet untuk fokus latihan menjaga prestasinya, sebab karir diolahraga masih panjang hingga kenasional bahkan internasional.

"Saya terus berharap Kota Banjarmasin akan banyak menelurkan atlet berprestasi ketingkat nasional bahkan mewakili Indonesia diajang internasional," ujar Ibnu Sina.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Banjarmasin Djumadri Masrun mengungkapkan, ada sebanyak 970 atlet yang dilepas wali kota dan wakil wali kota untuk berangkat ke Porprov X Tanjung ini.

Menurut dia, kontingen atlet Kota Banjarmasin akan mulai diberangkatkan secara resminya pada 8 Oktober nanti, terkecuali kontingen atlet cabang olahraga gulat.

"Dari 34 cabang olahraga yang kontingen daerah kita ikuti, cabang olahraga gulat terlebih dahulu dipertandingkan pada ajang Porprov ini, karena akan ada Pelatnas bagi sebagian atletnya untuk Asean Games," katanya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017