Rantau, (Antaranews Kalsel) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapin menggelar Ekspos laporan hasil sementara penyusunan kajian resiko bencana dan rencana penanggulangan bencana di Kabupaten Tapin di Aula Pendopo Balahendang Rantau, Selasa. 


Dalam laporannya Kepala BPBD Tapin H Nordin mengatakan ekspos laporan hasil sementara antara penyusunan kajian resiko bencana dan rencana penanggulangan bencana di Kabupaten Tapin ini merupakan kegiatan tahunan BPBD dalam memberikan laporan dan menyusun kajian bencana di Tapin.

"Kajian bencana diantaranya memetakan resiko bencana serta memetakan multi ancaman daerah dan potensi ancaman bencana yang dapat terjadi," kata Nordin.

Selain itu, tujuan dilaksanakannya ekspos ini guna mendukung BPBD Tapin dalam penyusunan Kebijakan terkait penanganan bencana daerah serta untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam singkronisasi kebijakan penanganan bencana ditingkat nasional.

Sementara itu Wakil Bupati Tapin Ir H Sufian Noor dalam sambutannya menyambut baik atas terlaksananya kegiatan ekspos kajian bencana Kabupaten Tapin yang dihadiri seluruh stake holder di Kabupaten Tapin.

"Bagaimanpun bencana adalah hal yang meresahkan dan ancaman bagi kelangsungan pembangunan dan kemasyarakatan di Kab.Tapin, untuk itulah perlu keseriusan dalam penanganan bencana," kata Wabup.

Diungkapkan Wabup, dalam penanganan bencana sendiri pemerintah pusat sudah banyak menuangkannya dalam peraturan perundang-undangan yang sengaja dibuat dalam pencegahan dan penanganan bencana di daerah.

"Kita harus mempunyai konsep perencanaan pembangunan yang bertujuan meminimalisir terjadinya bencana," ujar Wabup.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017