Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Warga Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan sambungan baru Perusahaan Daerah Air Minum setempat dalam program khusus berbiaya murah, membeludak.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kotabaru, H Noor Ipansyah di Kotabaru, Senin, mengatakan, pihaknya hanya membuka kesempatan bagi 100 calon pelanggan baru dalam waktu dua hari, pada 18-20 September lalu.

"Namun yang mendaftar lebih dari 200 pemohon, sehingga mereka sebagian dimasukkan daftar untuk tahun depan, bukan calon pelanggan dengan biaya murah, Rp750 ribu," katanya.

Ipansyah mengaku tidak bisa menolak masyarakat yang mendaftar, namun karena kuotanya penuh, mereka terpaksa dicatat sebagai calon pelanggan biasa dengan biaya sambungan berkisar Rp2,5 juta - Rp3,5 juta.

Pada kesempatan berbeda, ia menjelaskan, sebagai bentuk syukur karena target mendapatkan 2.000 pelanggan baru terpenuhi, maka manajemen PDAM membuka pendaftaran sebanyak 100 calon pelanggan baru pada 18 - 20 September.

"Selain target tercapai, kami juga bersyukur karena pekan-pekan terakhir terjadi hujan deras, sehingga beberapa bendungan yang kondisi airnya ssempat kering, menjadi terisi kembali;" ujarnya.

Sementara itu, program penyambungan baru dengan biaya murah bukan hanya dikhususkan bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah, tetapi program ini diperuntukkan bagi masyarakat dari semua kalangan.

Dengan biaya penyambungan Rp750.000, dan tahap pertama Rp250.000, sisanya sebesar Rp500.000 bisa dibayar kemudian.

Hingga saat ini jumlah sambungan PDAM Kotabaru sekitar 15.000 pelanggan.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017