Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menginstruksikan kepada seluruh intansi pemerintahan bawahannya untuk membuat brosur guna disebar ke lembaga dan kementerian pusat untuk bisa menyelenggarakan kegiatan nasional di "Kota Seribu Sungai" ini.

Sebagaimana diketahui, kata dia, Jumat, Kota Banjarmasin sejak 2017 ini sudah sangat sering menjadi tempat digelarnya kegiatan-kegiatan level nasional.

Untuk meningkatkannya pada 2018 perlu lebih digiatkan lagi melalui brosur-brosur yang ditawarkan ke lembaga dan kementerian pusat.

"Sebab dengan banyaknya kegiatan yang berkelas nasional diselenggarakan di daerah ini akan memberikan dampak bagi perkembangan perekonomian daerah ini," ujarnya.

Menurut Ibnu Sina, Kota Banjarmasin untuk fasilitas dan sarana kegiatan nasional sudah sangat memadai, termasuk perhotelan dan aula, ditambah sektor wisata yang menjadi bagiannya.

Apalagi, ungklap dia, pada Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Komwil V Kalimantan sudah ada kesepahaman juga terkait kolaborasi menarik kegiatan-kegiatan nasional ini secara bergantian, khususnya Kalsel di Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

"Jadi ada tawaran menarik juga dari Pemerintah Kota Banjarbaru ini, bagaimana menjadi tuan rumah bersama dalam kegiatan nasional, karena jaraknya yang berdekatan," paparnya.

Ibnu Sina mengumpamakan, Kota Banjarmasin yang memiliki ikon objek wisata sungainya dengan saran perhotelannya yang sudah sangat memadai, sementara Kota Banjarbaru sebagai kota pemerintahan di mana banyak kantor pemerintah provinsi di sana, bisa bersinergi untuk tempat kegiatan akbar.

"Misalnya kegiatannya di Kota Banjarbaru, tapi para pesertanya mengingap di Kota Banjarmasin, demikian juga sebaliknya, karena dua kota ini bisa berkolaborasi," tuturnya.

Ditegaskannya, pemerintah kota akan sangat mempermudah bagi kegiatan yang ingin diselenggarakan di Kota Banjarmasin, agar kedepannya menarik lagi kegiatan yang lebih banyak.

Bahkan, kata dia, Presiden Joko Widodo sendiri dinyatakan sangat senang mengunjungi Kota Banjarmasin yang merupakan ibu kota provinsi ini, hingga beberapa kali eks Gubernur DKI Jakarta itu datang, bahkan baru ini membuka Festival Anak Soleh Indonesia (FASI) X 2017 tingkat Nasional di Banjarmasin.

"Sejak Agustus hingga September ini sangat banyak kegiatan nasional diselenggarakan di Kota Banjarmasin, termasuk yang akan datang ini Kongres Sungai Nasional 2017 di sini," ucapnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017