Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Pemkab Kotabaru mengajak kepada masyarakat memaknai tahun baru hijriah 1439 menjadi momentum mempererat hubungan silaturrahmi antar sesama.
     
Demikian disampaikan Asisten II Setda Kotabaru H Joni Anwar membacakan sambutan Bupati Kotabaru H Sayed Jafar di hadapan hadirin yang dilaksanakan khataman tilawati tingkat dewasa dalam rangka memperingatan tahun baru hijriah 1439 H, di Desa Tarjun, Kecamatan Kelumpang Hilir.
     
Peringatan tahun baru Islam 1439 hijriah yang dilaksanakan ini merupakan momentum untuk merefleksikan apa yang telah dilakukan tahun lalu dan prospek yang diharapkan akan dijalani dalam setahun berikutnya.
     
Menurutnya, pergantian tahun khususnya tahun baru hijriah merupakan momentum bersama, momentum berjama’ah untuk menginropeksi diri dan melakukan transformasi ke arah kondisi yang lebih baik.
     
Terlebih sebagai ummat Islam, seharusnya mampu meneladani konsep hijrah Rasulullah SAW yang bukan hanya sebagai perpindahan dari Mekkah ke Madinah, namun lebih dari itu adalah makna mentransformasi diri ke arah yang lebih bermakna, lebih baik dan lebih bermanfaat baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat dibandingkan tahun sebelumnya.
     
"Dari kegiatan ini diharapkan supaya kita bisa memperbaiki iman dan akhlak serta ketaqwaan kita kepada Allah SWT agar berguna untuk bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia yang kita cintai," katanya.
     
Oleh karena itu, mari sama-sama kita berniat dan membulatkan tekad untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak bermanfaat pada tahun lalu dan tidak diulangi pada tahun ini.
     
Semoga, melalui peringatan tahun baru 1439 hijriah ini semua dapat semakin mempererat hubungan silaturrahmi antar sesama, selain tentunya untuk memantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, yang benar-benar sesuai dengan kitab suci Alquran dan sunnah Rasulullah SAW.
     
Lebih lanjut bupati mengungkapkan, pada kesempatan ini pula dilaksanakan khataman tilawati tingkat dewasa.
     
"Untuk itu saya ucapkan selamat bagi yang telah khatam Al-quran sekaligus mengapresiasi pelaksanakan khataman tilawati tingkat dewasa ini," tuturnya.
     
Dari pelaksanaan khataman tilawati ini pula diharapkan dapat semakin memperkenalkan metodologi tilawati kepada masyarakat khususnya anak-anak sehingga dapat semakin mudah dalam belajar membaca Al-quran.
     
Menurutnya, khataman sendiri merupakan momentum yang tepat dalam rangka pembentukan karakter bangsa dan umat Islam yang sarat dengan rahmat dan hidayah.
     
"Saya berharap dengan pelaksanaan khataman tilawati tingkat dewasa ini dapat menciptakan muhasabah rasa intropeksi diri dan dengan menyimak serta menghayati isi kandungan Al-qur'an hidup akan lebih berguna dan bermakna," bebernya.
     
Dia mengajak menumbuhkan semangat membaca dan mencintai Al-qur’an dan mulailah dari diri kita, keluarga, anak didik dan generasi muda.
     
Karena dengan membaca Al quran berarti kita telah menjalankan perintah allah dan semakin sering kita membaca dan memaknai al quran, maka semakin banyak pahala dan kebaikan yang kita dapat.
 

Pewarta: Humas/shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017