Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 1.373 calon aparat desa di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, mengikuti tes

kompetensi dasar dengan sistem Computer Assistent Test yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa setempat.

Kepala DPMPD Kabupaten Tabalong Arianto di Tanjung, Kamis, menyampaikan bahwa tes kompetensi dilaksanakan serentak di empat lokasi untuk formasi calon sekretaris desa.

"Jumlah aparat desa yang mengikuti ujian CAT sebanyak 1.373 orang dan tes dilaksanakan mulai hari ini untuk formasi calon sekretaris desa," katanya.

Untuk formasi calon kepala seksi dan kepala urusan, tes dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu mendatang di lokasi yang telah ditetapkan.

Dari 1.373 peserta tes mencakup formasi calon sekdes 317 orang, kepala urusan 416 orang, dan kepala seksi 640 orang yang tersebar di 121 desa di Kabupaten Tabalong.

Pelaksanaan tes terbagi di empat lokasi, yakni SMK Negeri Tanjung, SMK An Noor Kelua, SMK Negeri Pugaan, dan

SMK Negeri Muara Uya yang memiliki fasilitas pendukung CAT.

Di SMK Negeri Tanjung pelaksanaan tes yang dijadwalkan pukul 08.00 Wita, molor satu jam karena belum siapnya perangkat

komputer.

Akibatnya, untuk peserta tes "shif" kedua yang dijadwalkan pukul 09.00 Wita, terpaksa harus menunggu satu jam lebih untuk bisa

mengikuti tes kompetensi dasar itu.

Seorang anggota panitia tes, Noryadi, mengatakan pelaksanaan ujian dibagi dalam dua kelompok dengan durasi satu jam setiap "shif", namun karena penundaan satu jam terpaksa kelompok kedua harus menunggu satu jam.

"Kita jadwalkan pukul 08.00 Wita tes sudah bisa dilaksanakan, namun karena alasan teknis akhirnya baru dimulai pukul 09.00 Wita, termasuk kelompok kedua pelaksanan ujian jadi dimulai pukul 10.00 Wita," katanya.

Sejumlah kepala desa, anggota Badan Pemberdayaan Desa (BPD) dan Unit Pemantau Pelayan Publik (UP3) Kabupaten Tabalong, juga turut memantau jalannya tes di SMK Negeri Tanjung.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017