Banjarmasin (Antaranews Kalsel) - Satuan Pusat Pelayanan (Satpas) Surat Izin Mengemudi (SIM) Polda Kalsel, menggelar "open house" atau terbuka untuk dikunjungi para pelajar kapan pun.

"Kami membuka kesempatan seluas-luasnya bagi siswa untuk datang mengetahui proses pembuatan SIM," kata Kasi SIM Subdit Regident Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel Kompol Dese Yulianti di Banjarmasin, Selasa.

Dikatakan, seperti yang nampak pada Selasa siang. Sebanyak 60 pelajar dari SMAN 4 Banjarbaru berkunjung ke Satpas SIM di Jalan Ahmad Yani Km 21 Banjarbaru.

Kompol Dese dan seluruh anggotanya pun langsung menyambut rombongan pelajar dengan ramah dan hangat serta penuh senyuman.

"Siswa kami ajak melihat-lihat secara langsung sekaligus belajar bagaimana proses pembuatan SIM," ucap wanita yang pernah menjabat sebagai Kapolsekta Banjarmasin Timur itu.

Terus dikatakannya, adapun beberapa materi yang diberikan anggota Polantas, di antaranya pengetahuan dasar tentang lalu lintas dan mekanisme pembuatan SIM baru yang meliputi proses ujian teori dan proses ujian praktek.

Menurut Dese, pengetahuan dasar tentang berlalu lintas dengan tata tertib berkendara di jalan raya sangat penting dikuasai atau disadari remaja usia sekolah yang nantinya akan menjadi pemohon SIM baru untuk pertama kalinya.

"Kepada siswa termasuk masyarakat secara umum, kami menekankan bahwa SIM hanya bisa diperoleh oleh orang yang memang berhak dan memiliki kompetensi berkendara bukan asal punya dengan memperolehnya secara tidak benar," tutur wanita berhijab itu.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017