Tanjung, (Antaranews Kalsel) -  Anggota tim kesehatan Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan di Kabupaten Tabalong mengikuti  perbekalan yang dilaksanakan Dinas Kesehatan setempat untuk memantapkan tugasnya dalam memberikan layanan penanganan cidera bagi semua kontingen.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong Samsul Hadi di Tanjung, Selasa mengatakan tim kesehatan yang akan  terlibat dalam Poprov Kalsel X mencakup dokter umum, dokter spesialis, apoteker, PMI dan relawan.  

"Tim kesehatan nantinya bisa melayani semua kontingen karena itu perannya perlu dioptimalkan," jelas Samsul.    

Wakil Ketua Bidang Kesehatan Taufikurrahman menyampaikan perbekalan tim kesehatan bertujuan menambah wawasan terkait penanganan cidera dan teknis pelaksanaannya.  

"Beberapa cabang olahraga akan digelar lebih cepat karena itu tim kesehatan harus mempersiapkan diri dalam penanganan cidera atlet, official maupun wasit," jelas Taufikurrahman.

Direktur RSUD H Badaruddin Tanjung ini menambahkan cabor bela diri biasanya lebih rentan terjadinya terjadi cidera dan perkelahian.   

Selain di lokasi pertandingan penanganan kesehatan juga dilakukan di pemondokan atlet dengan rujukan RSUD H Badaruddin Tanjung dan RS Pertamina.      

Selanjutnya tugas tim kesehatan juga didukung dengan fasilitas medical center untuk memudahkan koordinasi dan membentuk tim kecil sesui venue atau lokasi pertandingan.
   
Perbekalan anggota tim kesehatan ini juga menghadirkan dua narasumber yakni dokter spesialis orthopedi dr Vidi Davitan dan dokter spesialis bedah Putu Harina.    

Tim kesehatan yang akan terlibat pada Porprov Kalsel X terdiri atas tenaga dokter 26 orang, perawat 49 orang, relawan dari PMI  40 orang dan apoteker tiga orang.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017