Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengatakan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah meninjau rencana pembangunan jalan tol yang menghubungkan Banjarbaru - Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

"Tentang jalan tol hari ini Kementerian PUPR telah melakukan peninjauan, semoga program tersebut bisa didukung oleh pemerintah pusat," kata Gubernur usai Peringatan Hari Perhubungan Nasional 2017 di Banjarmasin Senin.

Menurut Gubernur, pembangunan jalan tol tersebut menjadi salah satu program yang disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo saat datang ke Banjarmasin pada Jumat (15/9) untuk membuka Festival Anak Saleh ke X di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Kemungkinan, kata Gubernur, setelah disampaikan program tersebut, Presiden langsung meminta kepada Kementerian PUPR untuk menindaklanjuti, sehingga dilakukan peninjauan, hari ini, Senin (18/9).

"Kalau sudah ditinjau berarti ada harapan dan perhatian dari pemerintah pusat. Berbeda kalau tidak ada peninjauan," katanya.

Menurut Gubernur, pembangunan jalan tol merupakan salah satu upaya Pemprov Kalsel untuk mewujdkan konektivitas antarkabupaten di Kalsel, serta untuk meningkatkan pelayanan angkutan massal di daerah.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalimantan Selatan (Kalsel) Achmad Sufiani mengungkapkan, diharapkan pembangunan jalan tol Banjarbaru - Batulicin sudah harus rampung selambatnya tahun 2019.

Menurut dia, progres pelaksanaan jalan tol Banjarbaru - Batulicin hingga kini sudah mencapai 3,7 kilometer.

Rencananya jalan bebas hambatan yang akan dibangun tersebut memiliki panjang 175 kilometer dengan lebar badan jalan 60 meter serta kecepatan jarak tempuh 80-100 kilometer per jam.

Rencana dibangunnya jalan tol Banjarbaru - Batulicin tersebut, nantinya akan menghemat waktu perjalanan lebih dari dua jam.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017