Rantau, (Antaranews Kalsel) - Belasan ribu jemaah padati haul ke 252 Syekh Muhammad Abdussamad atau lebih dikenal dengan Datu Sanggul di Desa Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan Kabupaten Tapin, Sabtu (16/9).

Haul tersebut diisi dengan pembacaan syair maulid nabi, pembacaan ayat suci Alquran, pembacan manakib singkat Datu Sanggul dan tausyiah agama.

Dalam haul ke 252 tersebut, Polsek Tapin Selatan menurunkan 40 personil Kepolisian dan dibantu oleh TNI, relawan BPK, Banser, Orari dan masyarakat sekitar untuk mensukseskan kegiatan tersebu.

"Hari ini kita turunkan 40 personil dari Polsek Tapin Selatan dan Polres Tapin, selain itu juga di bantu oleh TNI, dan tim relawan dari BPK, Orari, Banser, serta panitia pelaksana yang turut berpartisipasi dalam pengamanan kegiatan haulan ini," ujarnya.

Dijelaskan Embang, selain giat pengamanan, jajarannya juga melakukan sosialisasi himbauan kepada masyarakat anti radikalisme dalam bentuk spanduk yang dipasang dibeberapa titik.

Kepala Desa yang sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Haul Datu Sanggul ke 252 Ilhamsyah saat ditemui seusai kegiatan mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarkat dan seluruh instansi yang telah mensukseskan sehingga bisa terlaksana dengan lancar dan aman haul ke 252 ini.

"Tahun ini, jamaah haul dihadiri kurang lebih 15 ribu yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan dan luar daerah lainnya," ujarnya.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017