Kandangan, ( Antaranews Kalsel) - Kesatuan Lalu Lintas Kepolisian Resort  Hulu Sungai Selatan (Sat Lantas Polres HSS) bersama tim medis dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hassan Basry, Kandangan, menggelar pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat atau yang dikenal dengan PPGD.

Kapolres HSS AKBP Rahmat Budi Handoko melalui Kasat Lantas Polres HSS AKP Supriyatno, di Kandangan, Jum'at (8/9), mengatakan, PPGD merupakan hal yang sangat penting dalam penanganan korban akibat laka lantas.

"Kesalahan sedikit saja dalam penanganan korban laka bisa berakibat fatal dan menyebabkan hilangnya nyawa seseorang,"katanya.

Dijelaskan dia, Sat Lantas Polres HSS menggandeng tenaga medis RSUD Brigjend H Hassan Basry dalam pelaksanaan pelatihan PPGD untuk para relawan dan BPK.

Kali ini giliran BPK Parmuk Kandangan dan BPK Negara yang mendapatkan pelatihan Pertolongan Pertama Gawat Darurat, saat memberikan keterangan pers di sela pelatihan PPGD, di depan Pos BM Sat Lantas Polres HSS, Jum'at (8/9) pagi.

Ia mengatakan, dengan kegiatan ini rekan-rekan relawan nantinya, dapat memberikan pertongan pertama kepada para korban dengan benar sebelum dari pihak kepolisian maupun medis datang.

Diharapkan dia, dengan kegiatan ini masyarakat dapat membantu memberikan Pertolongan pertama menyelamatkan jiwa manusia atau meningkatkan fungsi tanda-tanda vital seperti denyut jantung, suhu tubuh dan jalan pernafasan.

Dalam tujuan khususnya,  dapat mencegah si korban menjadi lebih buruk keadaannya dan meringankannya dari rasa sakit dan penderitaan.

Ditambahkan dia, karena dalam keadaan kritis, waktu beberapa menit saja dapat membuat perbedaan besar antara sembuh dan kematian.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017