Paringin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan penayangan perdana Videotron yang sering pula disebut Megatron atau led screen billboard, yang merupakan reklame digital dengan visual gambar bergerak perdana dengan kualitas tebaru. Rabu (6/9).

Videotron tersebut dipasang di depan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) di Simpang Empat Kecamatan Paringin, di pusat ibukota Kabupaten Balangan. Sehingga penempatan tersebut jelas terlihat oleh warga yang melintasi kabupaten berjuluk "Bumi Sanggam" tersebut.

Bupati Balangan, H Ansharuddin, meresmikan penggunaan dan penayangan perdana videotron meminta agar videotron dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk informasi publik.

"Kita berharap videotron berukuran 2x3 meter ini menjadi reklame digital yang mampu memberikan informasi publik terkait kinerja dan kegiatan pemerintahan, selain itu juga mengenai pemberitahuan pelayanan publik," ujarnya.

Ia melanjutkan, keberadaan videotron dapat pula sebagai alat penghasil Pendapatan Asli Daerah (PAD), sebagai alat pengiklan berbayar dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur.

"Kita akan instruksikan Sekretaris Daerah (Sekda) agar membuat peraturan materi video yang akan ditampilkan, agar lebih bermanfaat, bahkan mengahasilkan PAD," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMPTSP Balangan, Muhammad Ideris, menyampaikan videotron itu akan menampilkan berbagai kegiatan pemerintahan dan pencapaian kinerja.

Dikatakan, pihaknya sengaja menampilkan gambar video di tengah kota supaya masyarakat mudah melihat. Apalagi konten videotron merupakan konsumsi publik karena menyangkut kinerja pemerintah. 

Melalui visualisasi seperti itu, Ideris mengatakan, masyarakat tahu apa saja yang sudah dilakukan pemerintah untuk menyejahterakan masyarakat. Serta kontentnya akan berubah-rubah atau uptodate sehingga tidak membosankan.

"Untuk menyampaikan pencapaian hasil kerja pemerintah akan lebih mudah melalui sarana ini, pasalnya masyarakat dapat melihat langsung. Jadi masyarakat dapat memberi penilaian, baik kritik maupun saran membangun guna kemajuan Kabupaten Balangan," ungkap Muhammad Ideris.

Sebelumnya hal tersebut juga pernah di utarakan Wakil Bupati Balangan, H Syaifullah terkait keinginannya agar Kabupaten Balangan memiliki Videotron. Dilain pihak, Ketua DPRD Balangan, H Abdul Hadi juga berharap agar DPRD Balangan mempunyai videotron untuk informasi publik di depan gedung wakil rakyat.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017