Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Indeks Reformasi Birokrasi Polda Kalsel di atas rata-rata nasional untuk jajaran Polri, sehingga menjadi nilai plus atau keunggulan untuk diusulkan naik menjadi Tipe A.

"Polda Kalsel masuk dalam kriteria dan memenuhi syarat karena ada beberapa keunggulan yang dimiliki salah satunya nilai Indeks Reformasi Birokrasi yang tinggi nilainya 60 sekian," kata Asisten Perencanaan (Asrena) Kapolri Irjen Pol Bambang Sunarwibowo di Banjarmasin, Senin.

Menurutnya, usulan Polda Kalsel meningkatkan tipologi terus dimatangkan. Pihaknya pun masih melakukan pendalaman untuk menganalisa sejauh mana aspek-aspek yang menjadi persyaratan agar bisa dipenuhi semua.

"Saat ini masih terus dilakukan penilaian, nantinya Polri mengusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi," papar Bambang usai memberikan arahannya dalam rangka studi kelayakan peningkatan tipologi Polda Kalsel menjadi Tipe A di Aula Bhayangkari Mathilda Batlayeri.

Terus dikatakannya, jika nantinya dinilai layak, maka selanjutnya kementerian akan mengajukan ke Presiden RI untuk dikeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) yang mengesahkan Polda Kalsel menjadi Tipe A.

Hingga kini ada tiga Polda yang mengusulkan kenaikan status dari Tipe B menjadi Tipe A. Selain Polda Kalsel, Polda Jambi dan Polda Nusa Tenggara Barat.

Sementara Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana mengaku ada beberapa parameter yang dinilainya layak jika Polda Kalsel menjadi Tipe A. Maka dari itu, sejak masuk menjadi Kapolda, dia langsung mengajukan usulan tersebut ke Mabes Polri.

"Jadi sekarang kita tidak hanya berkhayal saja, mudah-mudahan dengan beragam inovasi dan pelayanan publik semakin meningkat, tak lama lagi Provinsi Kalsel memiliki Polda Tipe A," tutur Kapolda.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017