Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 243 Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) baik Swasta maupun negeri di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), menerima Dana Alokasi Khusus (DAK)Non Fisik Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP) PAUD Tahun 2017.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten HSS, Nordiansyah,  mengatakan, penyerahan secara simbolis DAK BOP PAUD oleh Bupati Hulu Sungai Selatan kepada tiga perwakilan PAUD, bertempat di Pendopo Kabupaten.

"Tiga perwakilan lembaga yaitu TK Negeri Pembina, Kandangan, menerima dana BOP  2017 sebesar Rp64.200.000, Kelompok Bermain (KB) Batu Putih, menerima bantuan sebesar Rp20.400.000, dan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 3, Daha Utara menerima Rp33 juta,"katanya.

Dijelaskan dia, bantuan diberikan kepada tiap anak sebesar Rp600 ribu pertahun, bantuan diberikan untuk lembaga yang terdiri dari lembaga swasta dan negeri.

Di tahun 2016, ada sebanyak 217 lembaga swasta dan 4 TK Negeri, dengan total bantuan Rp3.468.000.000, sedangkan di tahun 2017, mengalami penambahan 22 lembaga, terdiri dari 239 lembaga swasta dan 4 TK Negeri, dengan total bantuan sebesar Rp3.927.600.000.

Menurut dia, beberapa persyaratan lembaga penerima BOP PAUD, diantaranya, memiliki Nomor Pokok Satuan Pendidikan Nasional (NPSN), peserta didik berjumlah minimal 12 orang yang terdaftar dalam Dapodik Ditjen PAUD dan Diknas.

Juga memiliki rekening yang digunakan atas nama lembaga serta NPWP,  dana BOP PAUD yang diberikan digunakan untuk kegiatan pembelajaran dan bermain sebesar 50%, untuk kegiatan pendukung 35%, dan 15% untuk kegiatan lain, misalnya untuk perbaikan ringan lembaga, bayar listrik dan air.

Bupati HSS H.Achmad Fikry,  mengatakan agar seluruh lembaga penerima BOP PAUD mengelola dananya dengan baik.

"Dana ini adalah dana yang harus dipergunakan dan dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku, serta penggunaan dana BOP PAUD juga harus sesuai dengan rencana yang telah disepakati dari awal perencanaan,"katanya.

Ia memesankan, kepada peserta sosialisasi agar terus memantau dan mengawasi perkembangan anak didiknya, di PAUD atau lembaga masing-masing.

Turut Hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP PKK HSS Hj Isnaniah Achmad Fikry, Kepala Badan Keuangan Daerah HSS H. Muhammad Noor,  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Dan Pengembangan Daerah H. Iwan Friady, para camat dan para guru PAUD se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017