Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Tanah Bumbu (Tanbu) dan TNI Angkatan Laut (AL) melaksanakan kegiatan bersama seperti patroli dan sosialisasi untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat pesisir.

"Kami kompak untuk menjaga perairan di kota setempat," kata Kasat Polairud Polres Tanah Bumbu AKP Parman di Batulicin, Senin.

Dikatakannya, seperti yang dilakukan anggota Marnit Bunati Satpolairud Tanbu yang melaksanakan patroli air di Perairan Bunati bersama prajurit Pos TNI-AL Bunati Pangkalan TNI-AL Kotabaru.

Aparat negara dari dua korps berbeda tersebut bekerja sama membantu masyarakat dalam mengatasi masalah di perairan seperti terjadinya kecelakaab air serta bantuan SAR kepada masyarakat pesisir maupun pengguna alur pelayaran yang mengalami musibah.

Parman juga mengatakan, patroli bersama akan terus ditingkatkan demi terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di perairan Tanah Bumbu serta sebagai bentuk sinergisitas antara Polri dan TNI.

Dalam kegiatan bersama itu, antisipasi ancaman teror dan penyelundupan Narkoba serta bahan berbahaya lainnya menjadi salah satu fokus anggota setiap kali berpatroli.

  Apalagi perairan laut yang membentang di Kabupaten Tanah Bumbu cukup luas dan panjang, sehingga diperlukan kewaspadaan tinggi dari aparat guna mengantisipasi pelanggaran hukum di laut, termasuk memberikan edukasi kepada masyarakat pesisir.

"Apalagi saat ini begitu marak peredaran obat terlarang seperti Zenith di pesisir makanya kami semua aparat bersatu antara Polri dan TNI memberantasnya," tegas Kasar Polairud.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017