Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Sebanyak 235 unit rumah tidak layak huni, di Negara, Kecamatan Daha Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapatkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tahun Anggaran 2017.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman Dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS, H MK Saputra, di Negara, Senin (28/8), mengatakan, BSPS untuk perbaikan rumah tidak layak huni dengan total berjumlah 292 unit rumah, terdiri dari Kecamatan Daha Selatan 235 unit, dan Kecamatan Angkinan 57 unit, total biaya yang disalurkan Rp4.175.000.000.

"Untuk jumlah dana bantuan yang diberikan per unit berkisar antara Rp10 juta hingga Rp15 juta, disalurkan dua tahap melalui Bank Kalsel Kandangan, jumlah bantuan disesuaikan kondisi kerusakan unit rumah yang akan direhab atau diperbaiki sehingga layak huni,"katanya.

Dijelaskan dia, BSPS di Kabupaten HSS  dalam bentuk uang diberikan kepada penerima bantuan, untuk dipergunakan membeli bahan bangunan dengan mekanisme transfer bank, progres di lapangan saat ini pembangunan fisik sudah mencapai 30% dan segera akan diselesaikan.

Adapun tambahan untuk tambahan BSPS bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2017, berjumlah 663 unit dengan total biaya Rp9.495.000.000, dengan lokasi di Kecamatan Kandangan, dengan harapan bisa menuntaskan Program Kotaku (Kota Tanpa Kumuh).

Pemimpin Bank Kalsel Cabang Kandangan, Andhy Andriawan, mengatakan, penyaluran dana untuk penerima BSPS bertujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal warga penerima bantuan, pihak bank mentransfer dana ke toko bahan bangunan untuk pembelian bahan yang diperlukan.
 
"Perbaikan rumah jadi layak huni menjadi pemenuhan kebutuhan dasar warga penerima bantuan, dana yang disalurkan tidak termasuk upah, karena pekerjaannya dilakukan secara swadaya dan gotong royong oleh warga penerima bantuan dan masyarakat sekitar,"katanya.

Penyerahan dana dalam bentuk tabungan Bank Kalsel kepada masyarakat Penerima BSPS di Kecamatan Daha Selatan, diserahkan secara simbolis Bupati HSS, H Achmad Fikry, didampingi Pemimpin Bank Kalsel Kandangan Andhy Andriawan dan Cabang Pembantu Bank Kalsel Negara Ariesta Budi, di Gedung Serbaguna Dr. M. Safi’i, Negara, Kecamatan Daha Selatan, Senin (28/8) pagi.

Kegiatan ini bagian rangkaian kegiatan kunjungan Bupati HSS beserta pejabat instansi terkait, selain Penyaluran Bantuan Sosial Non Tunai Program Keluarga Harapan (PKH) yang juga dilaksanakan tempat yang sama, untuk wilayah Kecamatan Daha Selatan.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengharapkan BSPS dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan terutama di Kecamatan Daha Selatan yang penerimanya cukup banyak dibanding kecamatan lainnnya di HSS, dan juga pelaksanaannya agar dilaksanakan dengan baik dan sesuai peraturan yang berlaku.

"Beragam program Pemerintah Kabuaten HSS juga telah kita laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat termasuk program rumah sejahtera,  kita ingin warga yang kurang mampu juga mendapat sentuhan pembangunan, sehingga bisa memiliki rumah yang nyaman untuk beraktifitas bersama keluarga termasuk beribadah,"katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017