Marabahan, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan melaksanakan upacara dan ziarah dalam rangkaian Peringatan HUT ke-72 RI,  di Taman Makam Pahlawan (TMP) 5 Desember Marabahan, Rabu (17/8) pagi.

Kegiatan itu dilaksanakan usai Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan itu dalam rangka mengenang jasa-jasa para pahlawan.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolres Barito Kuala AKBP Syahril Saharda, sedangkan Komandan Upacara Iptu Achmad Nurul Huda.

Turut hadir dalam upacara ziarah ini Bupati Batola H Hasanuddin Murad dan isteri Hj Noormiliyani AS, Wakil Bupati H Ma’mun Kaderi dan isteri Hj Fauliah, para forkompimda beserta isteri.

Selain itu,  juga hadir Sekdakab Batola H Supriyono dan isteri Hj Sri Wahyuningsih, para pimpinan SKPD beserta isteri, pasukan Kodim, Polres, Satpol PP, Hansip, Korpri, pimpinan dan para pengurus organisasi wanita.

Usai upacara, seluruh peserta melanjutkan dengan tabur bunga pada makan-makam para pahlawan dan dilanjutkan dengan doa bersama.

Kegiatan berjalan aman dan lancar serta mendapat pengamanan ketat dari anggota Satuan Intelkam Reswi dengan menggunakan pakaian preman dan kelengkapan senjata laras panjang.

Terpisah, salah seorang warga Marabahan Salapudin mengatakan, sebagai generasi penerus maka sudah seharusnya membentuk jiwa seperti para pendahulu.

Menurutnyaa, bangsa yang besar adalah bangsa yang mau menghargai jasa pahlawan.

"Tidak malah berbuat onar dengan melakukan berbagai tindakan yang dapat memicu perselisihan dan perpecahan bagi masyarakat," ucapnya.

Ia mengatakan, perjuangan para pahlawan untuk merdeka dan menjadikan Indonesia menjadi satu butuh usaha yang tidaklah mudah, beratus-ratus tahun dilalui dengan keadaan yang sangat memprihatinkan.




Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017