Kotabaru, 14/8 (Antara) - Polsek-polsek di jajaran Kepolisian Resor Kotabaru, Kalimantan Selatan, melaksanakan pengecekan serentak terhadap keaktifan pos keamanan lingkungan sekaligus cipta kondisi rasa aman.

"Ini dalam rangka implementasi program Kapolri, yakni Promoter program VIII," kata Kapolres Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi H Suhasto, di Kotabaru, Senin.

Program itu bertujuan membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap kamtibmas. Warga yang tengah berjaga di pos kamling malam menjadi sasaran dari kegiatan ini.

Anggota kepolisian sektor juga berpatroli ke tempat-tempat ibadah, kantor-kantor dan objek vital, serta permukiman masyarakat pada jam-jam rawan tindak kejahatan.

Kegiatan itu juga dibarengi bimbingan dan penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban kepada masyarakat. Ada beberapa imbauan yang disampaikan, antara lain menggugah kesadaran untuk aktif dalam jaga malam atau ronda di poskamling di desa masing-masing.

Mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah terpancing dan terprovokasi terhadap isu-isu yang berkembang sekarang ini.

Baik yang beredar dari media massa, media cetak, maupun media sosial yang dapat memecah kebersamaan, kerukunan, persatuan dan kesatuan di masyarakat.

Ia mengingatkan masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan di lingkungan tempat tinggal masing-masing, terutama terhadap pendatang dan orang baru yang tidak dikenal. Aturan 1x24 jam tamu wajib lapor ke RT setempat harus diaktifkan lagi.

"Apabila ada yang mencurigakan agar segera melaporkan kepada bhabinkamtibmas desanya atau kantor polisi terdekat," imbau Kapolres.

Ditambahkan, kewajiban untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat atau sitkamtibmas di lingkungan merupakan kewajiban bersama. Tidak hanya polisi tapi masyarakat juga diajak untuk menjaga dan memelihara kamtibmas serta menjalin kebhinekaan untuk keutuhan dan kesatuan NKRI.

"Agar masyarakat antisipasi kegiatan masyarakat atau paham radikal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan NKRI khususnya di wilayah hukum Polres Kotabaru," tambahnya.

Dengan dilaksanakan kegiatan ini secara serentak, diharapkan kehadiran polisi dapat benar-benar dirasakan di tengah-tengah masyarakat. Sitkamtibmas yang aman dan kondusif akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri.

"Kita harapkan situasi kamtibmas keseluruhan di wilayah hukum Polres Kotabaru dalam keadaan kondusif, tertib, aman dan terkendali," tandasnya.

Pewarta: I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017