Banda Aceh,   (Antaranews Kalsel) - Tim Program Kegiatan Mahasiswa (PKM) Program Studi Teknik Geologi Universitas Syah Kuala (Unsyiah)

Banda Aceh ingin mengembangkan geowisata dengan memanfaatkan objek alam Gua 7 di Laweung, Kabupaten Pidie.

Ketua PKM Fakultas Teknik Geologi Unsyiah, Putri Mutia Hapsari di Banda Aceh, Kamis menyatakan, pengembangan geowisata tersebut mendapat dukungan dari Wakil Bupati Pidie Fadhlullah TM Daud dan pihak Dinas Pariwisata setempat.

Menurut  Putri, Gua 7 memiliki potensi untuk dikembangkan geowisata bahkan lokasi itu sebagai salah satu geowisata terbaik di Aceh.

Wakil Bupati Fadhlullah sangat mangapresisi kegiatan mahasiswa untuk mengembangkan geowisata, khususnya di Gua 7.

Fadhlullah menambahkan peran dan kedudukan mahasiswa di tengah masyarakat dalam menyandang sebuah predikat pendidikan paling tinggi merupakan salah satu upaya yang harus dicapai untuk memperoleh legalitas dalam dunia akademik.

Selain prosesi dalam bidang akademik, mahasiswa harus menunjukkan kapasitasnya kepada masyarakat agar dapat membawa perubahan ke arah positif, katanya.

Dengan demikian, katanya, program wisata merupakan salah satu ekonomi terbarukan yang bersifat sangat ramah lingkungan dan dapat menghasilkan peningkatan pendapatan daerah.

Hal senada juga diungkapkan Kadis Pariwisata Kabupaten Pidie, Arifin mengatakan  pihaknya akan menindak lanjuti kegiatan ini dengan membuat web khusus terhadap wisata yang ada di Pidie dan mengembangkannya dan juga akan memgupayakan peningkatan sarana wisata lain.

"Kami juga mengupayakan dalam meningkatkan geowisata Gua 7 sebagai wisata handal dan maju di Pidie dan juga  mengharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Pidie," kata Arifin.

Pemerintah juga mengatakan keterlibatan masyarakat setempat sangat diperlukan dalam menjaga suasana hingga menjadi manfaat bagi masyarakat maupun kepuasan wisatawan di seluruh Pidie./f

Pewarta: Irman Yusuf

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017