Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Hulu Sungai Selatan (HSS), menjadi juara pertama kategori menu balita dalam lomba masak serba ikan ke-15 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Kader TP PKK HSS Srie Astuti, di Banjarbaru, Kamis (3/8), mengatakan, Lomba dilaksanakan Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Kalsel, di Aula Laboratorium Pengujian dan Pengendalian Mutu Hasil Perikanan, di Banjarbaru.

"TP PKK HSS mengandalkan menu keluarga Patin gulung bakar saos kuning limau kuit sambal mentah dengan cah sayur, untuk menu balita, Ikan Haruan (gabus) gulung lapis Ikur-ikur, sedangkan menu kudapan menyajikan Lumpur Amandit,"katanya.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel,  A Fauzian Noor, mengatakan, lomba masak serba ikan ke-15 tingkat Provinsi Kalsel ini bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Kalsel, saat ini angka konsumsi ikan terus meningkat sebesar 46,50 Kg per kapita pertahun.
 
Menurut dia, angka konsumsi ikan terus dipacu terus, karena melangkah maju untuk Kalsel yang sehat dan cerdas harus diawali dengan meningkatkan konsumsi ikan sebanyak-banyaknya.
 
"Selain itu, tujuan lomba agar tercipta dan lahirnya menu-menu baik penuh dengan gizi yang bermanfaat serta untuk meningkatkan pemahaman tentang arti pentingnya gizi bagi kehidupan, sehingga diharapkan masyarakat tergugah dan lebih mengutamakan menu ikan dalam menyajikan makanan di lingkungan keluarga ," katanya.
 
Wakil Ketua TP PKK Kalsel, Rosdeawaty, mengharapkan ada peningkatan inovasi dari ibu-ibu PKK dalam mengolah ikan untuk dijadikan makanan dan panganan bagi keluarga.

Menurut dia, lomba yang dilaksanakan dapat mengkreasi dan mengkreatifitaskan pengolahan menu makan dari ikan yang kemudian menunya dapat disosialisasikan di daerah masing-masing.

Setelah dilakukan penilaian dan diumumkan TP PKK Kabupaten HSS, meraih juara pertama untuk kategori menu balita yang diterima oleh Srie Astuti, sementara untuk kategori menu kudapan berhasil meraih juara kedua yang diterima Nurul Yuda.

Kader TP-PKK HSS, Nurul Huda, mengatakan, ide membuat menu ini bertujuan untuk mengangkat dan mengenalkan potensi daerah menjadi keunggulan daerah yaitu ikur-ikur (sejenis tanaman padi-padian).

“Alhamdulillah atas diraihnya juara ini,  fan tidak lupa kami ucapkan terimakasih kepada ibu Ketua TP-PKK HSS Isnaniah dan jajaran atas motivasi yang diberikan, serta selamat kepada ibu-ibu yang mengikuti lomba,” katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017