Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Unit Pelaksana Teknis Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan melaksanakan sosialisasi pencegahan kebarakan hutan dan lahan di lima desa dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran di dalam maupun luar kawasan hutan.


Kepala UPT KPH Kabupaten Tabalong Heriyadi di Tanjung, Minggu mengatakan sosialisasi pencegahahan kebakaran hutan ini dilaksanakan di Desa Santuun, Desa Jaro, Desa Salikung, Desa Bilas dan Desa Lano.

"Sosialisasi pencegahan kebakaran hutan dan lahan mulai kita laksanakan Mei 2017 dengan prioritas masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan hutan," jelas Heriyadi.

Dalam sosialisasi tersebut juga melibatkan anggota brigadir kebakaran UPT KPH setempat yang berperan langsung dalam penanganan kebakaran hutan maupun lahan.

Upaya pencegahan kebakaran hutan sendiri menjadi bagian dari tugas UPT KPH dalam perlindungan hutan sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2007 dimana tugas KPH sendiri mencakup perencanaan dan pengelolaan hutan.

Sementara itu aparat kepolisian juga turut aktif dalam melakukan pencegahan Karhutla seperti yang dilakukan Polsek Murung Pudak dengan menggelar rapat koordinasi terkait wilayah yang rawan terjadinya musibah ini.

Rapat koordinasi tentang Karhutla dipimpin Kapolsek Muara Harus Ipda I Nyoman Sudharma dihadiri Camat Muara Harus Arianto, Kanit Binmas Polsek Muara Harus Bripka Fery dan Kanit Sabhara Aiptu Gunawan.

"Kita meminta para kepala desa bisa menghimbau warganya untuk tidak melakukan pembakaran lahan untuk membuka lahan pertaniannya," jelas Nyoman.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017