Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Anshor Hulu Sungai Selatan menggelar Pendidikan dan Pelatihan Kader Dasar (Diklatsar) terpadu dasar dan Konferensi Cabang (Konfercab) GP Anshor HSS.

Sekwil PC GP Ansor HSS, M Supian Tauri, di Kandangan mengatakan, Diklatsar terpadu dasar dan Konfercab GP Anshor HSS diikuti 100 peserta dengan mengusung tema "Merawat tradisi, transformasi kepemimpinan dan memperkokoh NKRI, dengan semangat Pancasila berlandaskan Hubbul Wathon".

"Kami mengucapkan  terimakasih kepada semua pihak atas dukungannya dalam pelaksanaan Diklatsar ini, dan ini makin meneguhkan gerakan pemuda nahdatul ulama yang tergabung di GP Ansor dalam menegakkan asas Pancasila," katanya.

Ketua Pengurus Wilayah (PW) GP Ansor Kalsel, Harunur Rasyid, mengatakan,  para anggota GP Ansor tidak melakukan politik dengan mengatasnamakan agama, tapi senantiasa menjaga Kebhinekaan, keberagaman dan nilai-nilai kebangsaan.

Menurutnya dia, ada dua amanah yang dimiliki yaitu, pertama tanggung jawab beragama, sebagaimana yang diajarkan dan diteladani dari Nabi Muhammad SAW, maka pemuda Ansor dan Banser harus menunjukkan mempunyai etika dan akhlak yang mengikuti ajaran nabi.

Kedua tanggung jawab kebangsaan, dimana Indonesia mempunyai beraneka macam suku, bahasa dan ras, dan adalah tugas bersama dalam menjaga dan melestarikan agar Indonesia tidak terpecah bela.

Kapolres HSS, AKBP Rahmat Budi Handoko, mengatakan,  para pemuda khususnya GP Anshor jangan mudah terhasut, agar tidak menimbulkan perpecahan bangsa dan negara.

"Para pemuda harus memperkokoh NKRI, mari kita cegah orang-orang yang mau memecah belah NKRI," ujarnya.

Ia mengharapkan GP Ansor merawat tradisi yang baik kedepannya sehingga kepemimpinan bisa menjadi tauladan, dan memberikan contoh yang baik, saat memberikan sambutan dalam pembukaan Diklatsar terpadu dasar dan Konferensi Cabang GP Ansor HSS di Aula Ponpes Baladul Al Amin, Kandangan, Jum'at (4/8) .

Selain itu, ia mengingkatkan agar para pemuda jangan sekali-kali mendekati atau mencoba narkoba, karena dapat merusak generasi penerus bangsa ini. dan mengajak agar menjadi polisi bagi diri sendiri.

Turut berhadir, Danramil 01 Telaga Langsat, Lettu Infanteri Erik Faisal, Kapolsek Telaga Langsat Iptu Yaya Supriadi, pengurus dan anggota Ansor dan Banser tingkat Wilayah Kalsel dan Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017