Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polres Hulu Sungai Utara (HSU) di Provinsi Kalimantan Seatan melakukan pembinaan terhadap polisi cilik berprestasi, dengan terus menggelar latihan rutin guna mengasah kemampuan seluruh anak yang menjadi anggota dalam kegiatan tersebut.

"Latihan rutin kami laksanakan dua kali dalam sepekan di halaman Polres HSU," kata Kasat Lantas Polres HSU AKP Dana Setiana di Amuntai, Jumat.

Dia mengatakan, intensitas latihan akan ditingkatkan hingga empat kali dalam satu minggu apabila ada event yang akan menampilkan Polisi Cilik Polres HSU.

"Pasukan Polisi Cilik Polres HSU sering diminta tampil menyambut tamu-tamu dari pusat jika berkunjung ke Kabupaten HSU, termasuk beberapa event di tingkat provinsi juga sering diundang," ucap Dana dengan bangga.

Dikatakannya, sejak menjadi juara pada ajang lomba Polisi Cilik Banua tingkat Polda Kalsel tahun 2015 lalu, Polisi Cilik binaan Satuan Lalu Lintas Polres HSU memang sering diminta tampil menghibur di berbagai acara.

Terakhir, puluhan Polisi Cilik Polres HSU tampil menawan dalam bentuk kemampuan baris berbaris serta memperagakan berbagai formasi yang sulit dan membutuhkan kekompakan.

"Pernah juga tampil di hadapan Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana pada acara Pencanangan Tahun Keselamatan Untuk Kemanusiaan atau "Safety for Humanity" di Siring Menara Pandang Banjarmasin," tuturnya.

Dana pun mengakui minat anak-anak di Kabupaten HSU untuk ikut bergabung di polisi cilik terus meningkat dari tahun ke tahun.

Namun begitu, Satlantas Polres HSU harus menerapkan seleksi ketat dan hanya anak berprestasi di sekolah serta memiliki karakter disiplin bagus yang bisa diterima untuk bergabung.

Seperti yang ditunjukkan dua anggota Polis Cilik Polres HSU bernama Zahra Rudia (11) dan Ruli Bagas (9). Kedua murid SDN Kebun Sari 1 itu mengaku rutin berlatih keras untuk bisa menampilkan berbagai bentuk formasi baris berbaris dengan kompak dan sempurna. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017