Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Panglima Kodam (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji secara resmi menutup Program TNI Menunggal Membangun Desa (TMMD) reguler Ke-99 Tahun 2017 di Kodim 1009/Pelaihari.

"Sesuai jadwal, pekerjaan TMMD sudah terealisasi 100 persen, dimana selama 30 hari prajurit TNI dan masyarakat melakukan gotong royong menyelesaikan seluruh pekerjaan yang direncanakan," kata Sonhadji di Pelaihari, Rabu.

Upacara penutupan TMMD dilaksanakan di lapangan SDN Desa Sambangan, Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut, pada Rabu pagu.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pangdam di antaranya berpesan kepada para prajurit TNI dan masyarakat untuk selalu memelihara kebersamaan dan kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Selalu lestarikan semangat gotong royong karena gotong royong adalah nilai luhur bangsa Indonesia yang diwariskan oleh generasi ke generasi," katanya.

Ditambahkannya, dalam pencapaian program sasaran fisik juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non-fisik berupa penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat di antaranya tentang Bela Negara dan Ketahanan Nasional.

Pembangunan non fisik sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa yang dilancarkan melalui proxy war berupa maraknya peredaran dan penyalahgunaan Narkoba, masih eksisnya bahaya terorisme serta meningkatnya aksi kriminalitas.

Oleh karenanya, lanjut Pangdam, TMMD adalah salah satu upaya TNI AD dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kekuatan wilayah, utamanya upaya mencegah  dan mendeteksi dini terhadap berbagai ancaman yang melemahkan persatuan dan kesatuan NKRI.

"Semoga hasil program TMMD ini bisa dimanfaatkan dan dinikmati oleh masyarakat dalam kurun waktu panjang, termasuk tradisi semangat gotong royongnya yang harus terus terjaga, tutur Pangdam.

Adapun hasil pekerjaan TMMD diantaranya pelebaran dan perkerasan jalan 6 meter non aspal sepanjang 2.500 meter, pembuatan siring, rehab Masjid Raudatul Mutaqin serta rehab TK Al Quran dan sejumlah rumah warga.

Sementara itu, Bupati Tanah Laut yang diwakili Sekda mengatakan, Program TMMD akan berjalan secara reguler, yang akan dikerjakan oleh Pemerintah Kabupaten Tanah Laut di masa mendatang.

Setelah acara upacara dilanjutkan peninjauan sasaran TMMD oleh Pangdam dengan didampingi Kabinda Kalsel, Danrem 101/Antasari, Danrindam VI/Mulawarman, para Asisten Kasdam VI/Mulawarman dan Sekda Kabupaten Tanah Laut serta para perangkat desa setempat. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017