Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Dinas Cipta Karya Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, membangun jaringan pipanisasi sarana air bersih bagi masyarakat di daerah Gunung Mandin dan sekitarnya dengan pagu anggaran sekitar Rp2,89 miliar. 


Kepala Dinas Cipta Karya H Akhmad Rivai, di Kotabaru, Rabu, mengatakan pembangunan jaringan pipanisasi dibiayai dengan dana pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017.

"Kita meminta perusahaan pemenang lelang segera melaksanakan, bahkan mempercepat pekerjaan pembangunan jaringan pipanisasi sarana air bersih tersebut," katanya.

Rivai menjelaskan, dana tersebut akan digunakan untuk membangun jaringan pipanisasi sepanjang 9 kilometer terdiri dari pipa 6 in, 4 in dan 2 in.

Jaringan sepanjang 9 km tersebut ditargetkan mampu melayani calon pelanggan baru Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sebanyak 400 pelanggan yang ada di sekitar lokasi sumber air Gunung Mandin.

"Sehingga kedepan masyarakat di daerah sumber air Gunung Mandin semua bisa mendapatkan layanan air bersih dari PDAM, tidak seperti kondisi saat ini," harapnya.

Dikatakan, saat ini sebagian masyarakat yang tinggal di sekitar sumber air Gunung Mandin belum mendapatkan layanan air bersih dari PDAM, mereka baru bisa mendapatkan layanan air bersih dari kelompok swadaya.

Direktur Perusahaan Daerah Air Minum Noripansyah, belum berhasil dikonfirmasi terkait rencana pembangunan jaringan pipanisasi di daerah Gunung Mandin. 

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017