Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Jamaah calon haji Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan, mendapat fasilitas hotel berbintang selama menjalani proses karantina di asrama haji sebelum diberangkatkan ke tanah suci.

"Fasilitas yang disiapkan di asrama haji setara hotel berbintang tiga," ujar Kepala Bidang Akomodasi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Embarkasi Banjarmasin Faisal di Banjarbaru, Sabtu.

Ia mengatakan, jamaah Embarkasi Banjarmasin yang berasal dari Kalsel maupun Kalimantan Tengah (Kalteng) menempati kamar-kamar yang tersedia di gedung baru asrama haji.

Disebutkan, fasilitas kamar yang akan dinikmati jamaah haji dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel termasuk jamaah asal Kalteng cukup mewah dan nyaman untuk ditinggali selama satu hari.

"Jamaah akan menginap satu hari di kamar gedung baru yang baru digunakan tahun ini. Fasilitasnya lengkap seperti AC, kulkas, pemanas air hingga televisi flat," ungkap kepala UPT asrama haji itu.

Selain itu, tempat tidur juga didesain untuk menampung tiga hingga 5 orang dilengkapi kasus berkualitas dan tidak sama dengan fasilitas kamar sebelumnya berupa tempat tidur bertingkat.

Menurut dia, jamaah yang setiap kelompok terbang (kloter) sebanyak 320 orang termasuk petugas, menempati kamar di lantai 2, 3 dan 4 gedung baru asrama haji setempat.

"Fasilitas setara hotel lainnya yang disediakan yakni lift sebanyak dua buah yang bertujuan memudahkan jamaah naik turun selama berada di lingkungan asrama haji," ucapnya.

Dikatakan, daya tampung kamar-kamar di gedung baru sebanyak 260 orang sehingga kelebihan jamaah akan ditempatkan di gedung Madinah yang juga dilengkapi fasilitas serupa.

"Kamar-kamar di gedung Madinah juga sudah direnovasi dengan fasilitas yang sama dengan kamar di gedung baru sehingga jamaah tidak perlu khawatir meski pun gedung lama," pesannya.

Sementara itu, jamah calon haji kloter 1 yang seluruhnya berasal dari Kota Banjarmasin sudah masuk asrama, Sabtu siang dan sesuai jadwal diberangkatkan pada Minggu (30/7) siang.

Keberangkatan jamaah calon haji kloter pertama hingga kloter 17 atau terakhir tanggal 24 Agustus 2017 melalui Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin sesuai jadwal yang ditetapkan.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017