Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, segera membangun sebuah tugu atau monumen Adipura karena sudah tiga kali penghargaan mengenai kebersihan lingkungan tersebut.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina di Balaikota, Jumat, mengungkapkan, Banjarmasin sudah tiga kali memperoleh penghargaan Adipura yang terakhir 2017 ini, dan sekarang akan mengejar adipura Kencana atau Adipura paripurna.

Kepastian memperoleh Adipura 2017 tersebut sesuai pemberitahuan dan undangan dari pemerintah pusat yang akan diterima di Jakarta, 2 Agustus 2017.

Untuk memancing partisipasi lebih besar lagi partisipasi masyarakat untuk menjaga kebersihan kota ini maka akan dibangunkan sebuah monumen atau tugu, kata Ibnu Sina.

"Ada tiga titik lokasi alternatif yang bisa dibangun tugu Adipura ini, salah satunya titiknya bisa di wilayah siring Sungai Martapura," ujarnya.

Menurut dia, pemerintah kota akan sangat mempertimbangkan titik pembangunan tugu Adipura ini karena akan menjadi ikon baru kota, agar bisa dibanggakan bagi masyarakat Kota Banjarmasin.

"Ini untuk spirit warga Kota Banjarmasin untuk menjaga selalu kebersihan dan keteduhan kota ini, sebab penghargaan Adipura ini atas usaha bersama," paparnya.

Dikatakan dia, keberhasilan Kota Banjarmasin meraih penghargaan Adipura sejak 2015 dan 2016 dan akan 2017 merupakan usaha yang didukung masyarakat, di mana kini banyak kelompok masyarakat yang perduli kebersihan dan lingkungan.

"Kita pemerintah kota sangat berterimakasih atas kerjasamanya, karena tidak mungkin kota ini dapat prestasi kalau warganya tidak perduli kebersihan," ujarnya.

Dia pun mengungkapkan, pada penganugerahan Adipura 2017 ini, Kota Banjarmasin kembali menerima undangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kebutanan yang dijadwalkan pada 2 Agustus 2017 di Jakarta.

"Artinya kalau dapat undangan itu besar kemungkinan daerah kita akan dapat penghargaan juga seperti kota-kota lainnya di Indonesia, itu patut kita syukuri," ucapnya.

Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah menambahkan, bila kembali meraih Adipura, tentunya perayaan akan digelar sebagai ucapan syukur.

"Kita arak lagi nantinya keliling kota, biar masyarakat semuanya merasakan akan upaya mereka ikut berpartisifasi mendapatkan penghargaan ini," katanya.

Meski akan meraih Adipura ketiga kalinya ini, Hermansyah tetap memberikan catatan, akan adanya objek penilaian Adipura khususnya pasar yang masih rendah nilainya.

"Ini PR kita bersama, dan pastinya akan kita benahi sebaik-baiknya, tidak hanya pasar tapi juga yang lainnya, sehingga Banjarmasin akan menjadi kota yang lebih bersih lagi dan enak sebagai tempat tinggal," tutupnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017