Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dewan Pimpinan  Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hulu  Sungai Selatan (HSS) menetapkan Calon Bupati  (Cabup) H Achmad Fikry dan Calon Wakil Bupati  (Cawabup) Syamsuri Arsyad untuk diusung di  Pemilihan Kepala Daera (Pilkada) 2018.

Ketua DPD PKS HSS H Ardiansyah, di Kandangan,  Minggu (30/7), mengatakan, keputusan tersebut  berdasarkan penjajakan di lapangan, serta adanya masukan dari banyak pihak yang mengharapkan duet H  Achmad Fikry dan Syamsuri Arsyad dapat direalisasikan.

"Bismillahirrahmaanirrahim, kami dari DPD PKS HSS  memutuskan dan mengusulkan ke DPW PKS Kalimantan Selatan (Kalsel) dan DPP PKS untuk H Achmad Fikry  dan Syamsuri sebagai cabup dan cawabup HSS periode 2018-2023,"katanya.

Menurut dia, selain berdasarkan hasil penjaringan  yang dilakukan selama kurang lebih dua tahun,  pihak dia juga mempertimbangkan elektabilitas  keduanya dengan mendengarkan aspirasi baik dari  kalangan masyarakat umum, PNS, alim ulama, pemuda,  tokoh masyarakat dan lainnya.

Dari segi pengalaman, tambah dia, keduanya  telah teruji waktu dan memiliki dedikasi tinggi  membangun banua serta  sangat dikenal masyarakat.

Selain itu, tambah dia,  beberapa waktu lalu, tim juga  juga telah menerima  aspirasi 200 orang ulama dan tokoh masyarakat yang  menghendaki keduanya dipasangkan.

PKS HSS sebelumnya telah menjaring empat nama,  yaitu Achmad Fikry (petahana), Syamsuri Arsyad  (Ketua DPRD HSS), Jafar(Ketua DPW PKS Kalsel) dan dirinya, H Ardiansyah (Ketua DPD PKS HSS).

Kemudian dari empat nama ini, menurut dia  mengerucut tinggal dua nama yaitu Cabup H Achmad Fikry dan Cawabup Syamsuri Arsyad saat dihubungi melalui telepon selularnya, Minggu (30/7).

"Kader PKS HSS, Syamsuri Arsyad diusulkan karena  memang yang bersangkutan layak dan memiliki  kepercayaan publik tinggi, sudah tiga periode menjabat anggota DPRD dari Periode 2004-2009, periode 2009-2014, Periode 2014 hingga sekarang,"katanya.

Usulan ini akan  di serahkan ke DPP PKS untuk  mendapatkan penetapan dan DPD PKS HSS tinggal  menunggu arahan dalam rangka menyusun langkah- langkah strategis lainnya, untuk membangun koalisi dan memenangkan paslon yang diusung di pilkada mendatang.

Masuknya penetapan dari DPD PKS HSS, maka sampai  saat ini dukungan untuk H Achmad Fikry dari Partai Golkar, PPP, PBB dan PKS berjumlah 13 Kursi Partai Politik (Parpol) dari hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 lalu, dari 30 kursi DPRD HSS yang ada.

Ketua Penjaringan Partai Nasdem HSS, Yopie Alfiani, mengatakan nasdem dengan lima kursi DPRD telah  melakukan pendaftaran penjaringan,  hasil empat nama termasuk H Achmad Fikry (cabup) dan  tiga cawabup termasuk Syamsuri Arsyad, tapi belum mengumumkan karena menunggu penetapan calon dari DPP.

Sementara itu, Gerindra tiga kursi, PKB tiga  kursi, PDIP dua kursi, Demokrat dua kursi, Partai Hanura satu kursi, dan PKPI satu kursi, juga belum  mengumumkan penjaringan pendaftaran calon Pilkada  untuk periode 2018-2023.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017