Kandangan, (Antaranews Kalsel) -Dinas Pendidikan (Disdik) Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar kegiatan sosialisasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Keluarga (PK) sekaligus penandatanganan Nota Kesepahaman PAUD se Kabupaten HSS.

Kepala Disdik HSS,Nordiansyah, di Kandangan, Kamis (27/7), mengatakan, sosialisasi bertujuan meningkatkan layanan dan mutu PAUD serta menjalin komitmen bersama dalam bentuk kemitraan antara Disdik, Bunda PAUD HSS, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa.

"Melalui kegiatan ini diharapkan target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten HSS dapat dicapai ditahun 2018 yang akan datang, utamanya untuk untuk kemajuan PAUD di HSS." katanya.

Selain itu, menurut dia program satu desa satu PAUD sudah dilaksanakan, sehingga diharapkan dukungan masyarakat dan pemerintahan desa, untuk  terus meningkatkan pelayanan PAUD agar semua anak didik yang tergolong PAUD dapat menikmati PAUD.

Peserta sosialisasi PAUD dan PK terdiri dari TP PKK HSS, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa se Kabupaten HSS dengan materi yang diberikan yakni kebijakan PAUD di Kabupaten HSS dan Kemitraan Orang Tua dan lembaga.

Adapun narasumber berasal dari Disdik HSS yang telah mengikuti pelatihan pendidikan keluarga yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional.

Bunda PAUD HSS Hj.Isnaniah A Fikry, mengatakan kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan dan ditingkatkan lagi dimasa mendatang, utamanya dalam rangka pembinaan generasi muda di Kabupaten HSS.

"Mudahan-mudahan  generasi muda menjadi generasi  penerus yang mampu membanggakan bagi orang tua, masyarakat, maupun bangsa dan negara,"katanya.

Ia mengatakan masa anak-anak dan remaja adalah masa yang penting dan menentukan masa depan sehingga perlu adanya pembinaan dan arahan agar senantiasa stabil dan terarah saat membuka resmi Sosialisasi PAUD di Pendopo Kabupaten HSS, Kandangan, Kamis (27/7) pagi .

Dijelaskan dia, pendidikan formal saja belum cukup tetapi harus ditunjang dengan pembinaan yang mencakup segala hal, baik sikap, kepribadian, agama, penampilan, dan kemandirian.

"Kegiatan sosialisasi PAUD dan Pendidikan Keluarga ini menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pendidikan pada usia dini maupun pada lingkungan keluarga,"katanya.

Ditambahkan dia, nantinya dengan pendidikan berkualitas dan berkelanjutan ini akan terwujud generasi penerus dengan intelektualitas, kreativitas, dan produktivitas menjadi insan yang mandiri dan unggul.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten HSS Hj.Zaitun Ardiansyah,beserta anggota, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten HSS Nordiansyah, beserta jajaran, Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Desa se Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017