Kandangan, (Antaranews Kalsel) - 361 orang Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) telah mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji  2017 yang ditutup Bupati HSS H Achmad Fikry.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten HSS, Drs H Matnor mengatakan, dengan bimbingan manasik haji  jemaah nantinya bisa melaksanakan ibadah haji sesuai ketentuan serta mendapatkan haji yang mabrur.

Matnor memperkenalkan para petugas yang akan mendampingi para jamaah, termasuk Ketua Kloter Abdul Haris, Tim Kesehatan dan Pendamping haji.

"JCH HSS seluruhnya berjumlah 349 orang dan 5 orang petugas dan siring berjalannya waktu, jamaah kita mendapatkan tambahan 7 orang, jadi seluruhnya berjumlah 361 orang,"katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry  mengatakan, secara keilmuan jamaah sudah mendapatkan bekal dalam melaksanakan ibadah haji maka tinggal menghitung hari menunggu keberangkatan menuju tanah suci.

Menurut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS memfasilitasi keberangkatan dari daerah ke embarkasi dan kepulangan para jamaah saat memberikan sambutan penutupan bimbingan manasik haji bertempat di Masjid Ar Raudhah Kandangan, Kamis (19/7).

"Saat ini fasilitas telah dipersiapkan dan kami dari Pemkab HSS berusaha untuk bisa melayani jamaah dengan baik agar dapat melaksanakan ibadah sebaik-baiknya,"katanya.

KH A Syairazi mengatakan dalam tausiyahnya, tanda-tanda orang yang mendapatkan haji mabrur, diantaranya akan menjadi pribadi yang berjiwa sosial, suka membantu dan menolong orang lain, akhlaknya berubah menjadi lebih baik, benci kepada maksiat, serta gemar akhirat.

Dijelaskan dia, dengan mendapatkan haji yang mabrur, seseorang akan mendapatkan umur yang berkah, dipanjangkan rezeki, dipelihara diri dan keluarganya dari kefakiran, meninggal dunia dalam keadaan khusnul khatimah, serta mendapatkan jaminan surga Allah SWT.

"Beruntunglah bagi bapak ibu karena dianugerahi Allah untuk menunaikan ibadah haji," katanya.

Ia menambahkan pesan  kepada para jamaah agar menghindari perdebatan, menjaga emosi serta mendo'akan HSS menjadi kabupaten yang aman, damai dan sejahtera.

Penutupan bimbingan manasik haji  JCH  HSS Tahun 2017, ditandai dengan penyerahan bendera kloter dari Bupati HSS kepada Ketua Kloter 4 Kabupaten HSS, Abdul Haris.

Turut berhadir Ketua DPRD HSS Syamsuri Arsyad, perwakilan forum korodinasi pimpinan daerah Kabupaten HSS, Ketua MUI HSS KH Muhyar Dahri, Camat Kandangan Ronaldy Prana Putra, Pimpinan SKPD terkait, serta perwakilan dari BRI Cabang Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017