Banjarmasin, Antaranews Kalsel - Hingga minggu pertama pasca Idul Fitri 1438 Hijriah arus balik di Pelabuhan Banjarmasin masih berlangsung dan di prediksi akan berakhir H +15 mendatang.

"Saya prediksi arus balik melalui Pelabuhan Banjarmasin akan berlangsung hingga H+15 mendatang," kata General Manager Pelindo III Banjarmasin, Fariz Hariyoso saat melakukan peninjauan terminal penumpang Pelabuhan Banjarmasin, Rabu (5/7).

Hal tersebut diungkapkannya karena beberapa karakter pemudik melalui jalur laut adalah pekerja sektor swasta seperti pedagang dan petani yang memiliki waktu bekerja lebih fleksibel.

"Pemudik ini lebih fleksibel dalam mengatur waktu libur lebaran sehingga arus baliknya jauh lebih lama," jelasnya kemarin.

Menurut data Pelindo III Banjarmasin hingga H+8 sendiri pemudik yang turun ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin telah mencapai 3.006 penumpang. Namun angka ini masih rendah dibandingkan tahun 2016 lalu yang mencapai 4.276 penumpang.

"Kemungkinan nanti jelang H+15 baru pemudik yang datang melalui pelabuhan Trisakti Banjarmasin akan mengalami peningkatan," ujarnya.

Untuk mengatasi lonjakan penumpang arus balik sendiri jelang H+15 mendatang, Pelindo III Banjarmasin telah mempersiapkan penjagaan petugas yang lebih banyak dari biasanya untuk arus mengatur pemudik yang datang agar tertib.

"Untuk layanan lainnya seperti layanan kesehatan dan ruang tunggu yang representatif juga telah disediakan agar pemudik yang kembali ke Banjarmasin bisa lebih nyaman saat menunggu jemputan dari keluarganya," tambahnya.

Dengan segala upaya tersebut, Fariz mengaku optimis momen arus mudik dan balik tahun 2017 di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin bisa berjalan lancar.

"Arus mudiknya sudah berjalan lancar, demikian juga harapan kita dengan arus balik," kata Fariz Hariyoso.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017