Amuntai, (Antaranews Kalsel) - Tiga pecatur cilik asal Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan, lolos seleksi untuk kejuaraan nasional yang dilaksanakan di Gedung Satria Banjarmasin 30 Juni- 2 Juli 2017.

Pelatih catur Kabupaten Hulu Sungai Utara Ahmad Raihan Hasa di Amuntai, Senin, mengatakan tiga atlet catur cilik daerah ini meraih medali emas pada seleksi di Banjarmasin sehingga berhak ikut Kejurnas.

Tiga pecatur junior daerah ini yang lolos seleksi Kejurnas adalah Helma Ghinaya KU 14 Puteri yang meraih 1 emas dan 1 perunggu, Nishfa Dayyana Rahmah 1 emas dan 1 perak dan Muhammad Rizky 1 emas dan 1 perak.

Sedang lima atlet lainnya meraih 2 perak dan 3 perunggu atas nama Rizka dan Raihan yang meraih perak, serta M.Yazid, Farida Hasna dan Veteran meraih perunggu.

Raihan mengatakan, Pengurus Cabang Persatuan catur seluruh Indonesia (PC Percasi) Huku Sungai Utara tahun ini lebih sedikit mengikuti cabang catur pada seleksi Kejurnas, sehingga hanya beberapa atlet yang bisa lolos.

"Selanjutnya atlet yang lolos seleksi akan mengikuti pemusatan di provinsi guna lebih mematangkan kemampuan atlet untuk berlaga di kejurnas," pungkasnya.

Masuknya tiga atlet catur asal HSU tersebut, membuat kabupaten yang kini masih berstatutus daerah tertinggal tersebut menjadi gudangnya atlet olahraga yang mengandalkan strategi dan kemampuan otak tersebut.

Sebelumnya, pecatur cilik asal Kabupaten Hulu Sungai Utara, Muhammad Rizky Prima Nughara Al-Banjari, juga telah berangkat ke Jakarta untuk mempersipakan diri mengikuti ajang kejuaraan catur resmi FIDE tingkat Asia di Ulan Bator, Mongolia.

Rizky menjadi satu-satunya atlet asal Kalimantan yang dipilih Pengurus Besar Persatuan catur seluruh Indonesia (PB Percasi) untuk mengikuti Kejuaraan catur tingkat Asia tersebut.

Prestasi anak yang menjadi kebanggan keluarga dan bahkan daerah asalnya itu membuat orang-orang di sekitarnya kini juga menaruh harapan agar bocah tersebut mampu membawa pulang piala kemenangannya.

Bagi Rizky, prestasi tersebut merupakan buah manis dari ketekunannya dalam berlatih catur dengan disiplin yang tinggi di bawah asuhan pelatih catur Kabupaten Hulu Sungai Utara, Ahmad Raihan Hasa.

Pada kejuaraan `2nd Eastern Asian Youth Chess Championship` catur yang bakal dihelat 17-26 Juni 2017 itu Rizky, yang pernah menjadi juara Junior Putra G (U-07) pada Kejuaraan Catur Junior IV Tingkat Nasional 2016 akan berlaga bersama sembilan atlet catur junior lainnya dari berbagai provinsi di tanah air, dalam pertandingan internasional

Pewarta: Edy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017