Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana memerintahkan jajarannya fokus mengamankan arus balik Lebaran di Kota Banjarbaru, yang menjadi jalur perlintasan para pengendara dari Banjarmasin menuju berbagai kota di kabupaten Kalimantan Selatan.

"Semua pengendara dengan tujuan berbagai wilayah di Kalsel, yang berasal dari Banjarmasin ataupun Provinsi Kalimantan Tengah pasti melalui Banjarbaru, jadi saya minta Polres Banjarbaru selalu siap melakukan pengamanan," kata Kapolda Kalsel di Banjarmasin, Selasa.

Terkait arus balik pemudik yang sebentar lagi akan mulai ramai, kata Kapolda, Polres Banjarbaru pun kembali diminta siaga.

Apalagi pemudik yang asal pemberangkatan dari kota-kota jauh di wilayah utara Kalsel seperti Kabupaten Tabalong ataupun wilayah pesisir Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru, Banjarbaru diprediksikan akan menjadi titik jenuh pengemudi kendaraan karena telah melalui perjalanan jauh.

"Kami imbau pengendara yang merasa sudah kelelahan jangan dipaksakan untuk terus melaju, mampirlah di rest area Pos Pengamanan Lebaran Polres Banjarbaru yang tersedia atau bisa juga ke Polsek jajaran," imbau Kapolda.

Tak hanya para pemudik, pengendara yang melintas di Banjarbaru juga kebanyakan wisatawan dengan tujuan berbagai obyek wisata di Kalsel. Terlebih saat momen pasca Lebaran saat ini yang dipastikan mengalami peningkatan.

Seperti wilayah Kecamatan Liang Anggang dan Kecamatan Cempaka menjadi jalur perlintasan wisatawan menuju beberapa obyek wisata pantai favorit di Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu.

"Saya minta seluruh personel menjaga fisik dengan baik karena tugas Operasi Ramadniya hingga 4 Juli mendatang sangat menguras tenaga dan pikiran, dan yang harus diingat berikanlah pengamanan dan pelayanan tulus dan ikhlas kepada masyarakat," ujar Kapolda. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017