Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Jajaran Kepolisian Resor Kotabaru bekerja sama dengan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) setempat melakukan tes urine terhadap sopir bus dan travel di Terminal Stagen, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan.

Kapolre Kotabaru Ajun Komisaris Besar Polisi H. Suhasto di Kotabaru, Kamis, mengatakan tes urine untuk para sopir bus dan travel adalah bagian dari upaya menekan angka kecelakaan lalu lintas menjelang Lebaran 2017.

"Salah satu upaya untuk memastikan keselamatan transportasi darat adalah awak armada harus bebas dari mengonsumsi narkoba," katanya.

Keselamatan di jalan raya, ujarnya, dambaan semua masyarakat, khususnya para pemudik yang ingin merayakan Idul Fitri di kampung halamannya.

"Kita berharap pemudik bisa lebih aman dan nyaman selama dalam perjalanan, sehingga keinginan untuk bisa berlebaran dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman bisa terwujud," katanya.

Dalam menjalankan tes urine, BNK Kotabaru bersama Satuan Narkoba dibantu dengan Satuan Lantas, Binmas Polres Kotabaru.

Pada kesempatan terpisah, Ketua Badan Narkotika Kabupaten Kotabaru Burhanuddin mengemukakan tes urine terhadap awak transportasi adalah salah satu upaya pemerintah untuk memastikan bahwa pemudik akan aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

Ia berharap, para pemudik bisa selamat sampai tujuan dan bisa berkumpul bersama keluarga berlebaran di kampung halaman.

Dalam kesempatan berbeda, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru Nurvisa mengatakan pihaknya menyiapkan dua bus apabila terjadi penumpukan penumpang di terminal dan tidak terangkut oleh angkutan umum.

"Agen transportasi darat bisa berkoordinasi dengan Kepala Terminal Stagen untuk memanfaatkan dua bus cadangan apabila ada banyak penumpang tidak kebagian angkutan umum," katanya.

Pewarta: I Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017