Rantau, (Antaranews Kalsel) - Polisi Resor Tapin, Kalimantan Selatan, bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat membangun tiga posko lebaran 1438 Hijriah untuk memberikan rasa kemanan dan kenyaman pemudik.

"Tiga posko lebaran tersebut dibangun di Kecamatan Binuang, Kecamatan Candi Laras Selatan, dan Kecamatan Tapin Utara," kata Kapolres Tapin Ajun Komisaris Besar Polisi, Zulkifli Ismail, melalui Kasat Lantas AKP Raindhard Maradona, di Rantau, Jumat.

Dikatakan, posko lebaran di Kecamatan Binuang berada di depan Mesjid At-Taqwa, di Kecamatan Candi Laras Selatan berada di penyeberangan Sungai Puting, dan di Kecamatan Tapin Utara berada di Bundaran Dulang.

Rainhard mengaku telah mengidentifikasi titik rawan kemacetan pada arus mudik Idhul Fitri 1438 Hijriah, seperti di daerah Pasar Binuang, dan penyeberangan Sungai Puting Kecamatan CLS.

"Apabila terjadi kemacetan panjang daerah Binuang, kita sudah mengantisipasi dengan mengalihkan jalur ke jalan alternatif," ujar Kasat.

Dari pengalaman tahun sebelumnya, di lokasi penyeberangan Sungai Puting sering terjadi kemacetan yang cukup panjang, hal tersebut dikarenakan banyaknya warga yang ingin menyeberang, namun kapal penyeberangan yang tersedia cuma satu dan kecil

Selain itu, beberapa titik jalan yang berlobang di jalan utama, sudah dilakukan perbaikan oleh Balai Besar Dinas Pekerjaan Umum Provinsi dengan menambar titik-titik lubang atau jalan yang rusak demi kelancaran arus mudik dan balik.

"Bagi masyarakat yang ingin mudik menggunakan sepeda motor agar mengutamakan keselamatan dengan menggunakan pengaman seperti helm, jangan membawa angkutan yang berlebihan, dan jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan dan surat menyurat kendaraan sebelum melakukan perjalanan," tuturnya.

Apanila mengantuk, lanjut dia, jangan dipaksanakan, dan segera istirahat saja di rest area atau mesjid/musholla, utamakan keselamatan bukan kecepatan.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017