Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Hingga memasuki H-5 Lebaran, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dilaporkan aman terkendali.

"Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamanan dan Pelayanan Terpadu, situasi kondusif dan tidak ada gangguan yang menyebabkan Kamtibmas terusik," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Anjar Wicaksana di Banjarmasin, Selasa.

Menurutnya, meningkatnya volume penumpang di Pelabuhan Trisakti tidak sampai mengganggu situasi keamanan, lantaran para pemudik cukup tertib selama menunggu di terminal penumpang.

"Mengantisipasi lonjakan pemudik ini, Polresta Banjarmasin dan jajaran menyiagakan 36 personel setiap harinya yang bertugas secara bergantian, dan kami dibantu juga personel Polda untuk membantu," jelas Anjar.

Selain di area sekitar pelabuhan, kata Anjar, lokasi yang patut diberikan pengamanan lebih yakni di kantor jasa pelayaran yang banyak diserbu calon penumpang membeli tiket.

"Seperti yang saya lihat di depan Kantor PT Dharma Lautan Utama di Jalan Yos Sudarso, banyak sekali masyarakat berkumpul dan petugas harus ada di situ memberikan keamanan dan rasa nyaman baik bagi masyarakat maupun karyawan yang bertugas melayani," tuturnya.

Kepada para pemudik, Kapolresta mengimbau untuk tetap menjaga ketertiban. Sedangkan untuk pembelian tiket diimbau agar melewatu agen-agen resmi dan tidak membeli melalui calo.

"Penumpang juga patut mewaspadai aksi kriminalitas seperti copet dan aksi pencurian lainnya, jadi jagalah barang bawaan masing-masing sehingga tak menjadi korban dan dapat berlebaran di kampung halaman tanpa kekurangan sesuatu apapun," ujar alumnus Akpol 1993 itu. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017