Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Mesin pemindai sinar X alias X-Ray untuk memeriksa barang-barang pemudik tahun ini di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dipastikan berfungsi baik.

"Jangan sampai ada yang lolos barang-barang terlarang masuk melalui pelabuhan laut, jadi saya harus memastikan mesin X-Ray berfungsi baik," kata Kapolsek KPL Polresta Banjarmasin Kompol Mohammad Fihim SH MSc di Banjarmasin, Jumat.

Menurut Fihim, pemeriksaan melalui mesin X-Ray penting membantu kinerja petugas yang hanya bisa melakukan pengecekan barang dan penumpang secara manual.

Jadi, kata Fihim, barang-barang yang mungkin saja disembunyikan penumpang di tempat sulit dijangkau petugas bisa terdeteksi melalui mesin X-Ray.

"Saya tekankan terus kepada anggota agar tidak boleh lengah, selain mengamankan situasi Kamtibmas selama arus mudik, barang-barang yang tidak diperbolehkan, semisal Narkoba atau senjata tajam apalagi senjata api dan bahan peledak juga jangan sampai lolos," ucap Kapolsek.

Perwira yang akrab dengan awak media ini juga rutin melaksanakan pengecekan di ruang embarkasi Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Setiap kesempatan bertemu masyarakat pemudik tersebut, Fihim selalu mengingatkan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga diri dan barang-barang bawaan agar tidak menjadi korban kejahatan.

Sementara itu, Kabag Ops Polresta Banjarmasin Kompol Eko Tjahyo Untoro melaksanakan pengecekan kesiapan posko terpadu dan pengamanabln arus mudik Lebaran 2017 Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Dia memberikan atensi agar sebelum pelaksanaan piket diapelkan antara petugas jaga baru dan petugas jaga lama untuk diberikan arahan dari pimpinan jaga atau perwira piket. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017