Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Sekretaris Daerah Kotabaru H Said Akhmad meninjau proyek pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Cantung, di Desa Banua Lawas Kecamatan Kelumpang Hilir.

Sekda Kotabaru, Sabtu (10/6), mengatakan dengan adanya proyek pembangunan kapasitas pengolahan air bersih tersebut diharapkan dapat berjalan lancar sehingga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat khususnya di Kecamatan Kelumpang Hulu dan sekitarnya dalam pemenuhan kebutuhan air bersih.

Direktur PDAM Kotabaru, Noor Ipansyah, menambahkan dengan dibangunnya proyek pengolahan peningkatan air bersih ini, maka pengolahan air yang bisanya hanya 10 liter perdetik akan menjadi 20 liter perdetik dan reservoir kurang lebih 300 kubik.

"Karena airnya langsung dari sungai ke pengolahan kemudian dibuat dalam reservoir (penampungan sementara) kemudian dipompa untuk didistribusikan ke pelanggan," katanya.

Saat ini pelanggan yang terlayani dari IKK Cantung mencapai 700 sambungan, dan sudah ada pendaftar yang mengimginkan sambungan baru sebanyak 500 sambungan.

Dengan selesainya pembangunan kapasitas yang saat ini berlangsung, rencananya pada tahun 2018 nanti akan di lakukan pemasangan, khususnya yang sudag terdaftar tersebut. Dengan demikian, harapan agar masyarakat di Kelumpang Hulu ini bisa menikmati air bersih dari PDAM semakin luas.

Sementara itu, kunjungan sekda ke IKK Cantung tersebut dilaksanakan bersama rombongan dalam memanfaatkan momentum safari Ramadhan dan buka puasa bersama di Mesjid Al Mutaqim.

Pewarta: Humas/shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017