Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wali kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani dan Isteri di dampingi Wakil Wali kota Banjarbaru Darmawan Jaya dan Camat Cempaka H Abdul Malik menghadiri safari Ramadhan terakhir di Masjid Nurul Fajar Beruntung Jaya Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka., Jumat

Dihadiri Forkopimda Kota Banjarbaru, jajaran pejabat dan Kepala SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Banjarbaru serta warga sekitar Masjid Nurul Fajar Beruntung Jaya.

Pengurus Masjid Nurul Fajar mengucapkan selamat datang kepada Wali kota dan Wakil Wali kota beserta di Mesjid Nurul Fajar Beruntung Jaya Kecamatan Cempaka pada kegiatan safari Ramadhan 1438 H tahun 2017.

Wali kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani menyampaikan bahwanini merupakan rangkaian terakhir dari kegiatan safari Ramadhan yang diadakan Pemerintah Kota Banjarbaru bertempat di Masjid Nurul Fajar Beruntung Jaya Kelurahan Sungai Tiung Kecamatan Cempaka yang lokasinya terletak di ujung perbatasan antara Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut.

H Nadjmi Adhani mengatakan bahwa dikawasan Beruntung Jaya ini masih banyak dukuh dan buah-buahan. H Nadjmi Adhani  meminta masyarakat dapat menjaga kampung dan hutan di Beruntung Jaya ini agar nantinya sampai anak cucu kita bisa menikmati hasil dari dukuh kita. Dan disini juga akan dibangun Mejelis zikir Az Zikra 3 Ustadz H Arifin Ilham.

H Nadjmi Adhani juga sering melaksanakan sholat jum’at berjamaah dan sholat subuh berjamaah di masjid-masjid yang menjadi agenda Pemerintah Kota Banjarbaru dan dalam kesempatan itu juga sering menyampaikan tentang program-program pembangunan serta memberikan himbauan kepada masyarakat Banjarbaru.

Walikota H Nadjmi Adhani menyampaikan bahwa dari 96 masjid yang ada di Banjarbaru namun baru sekitar 80 masjid yang yayasan atau berbadan hukum. Karena tanpa adanya badan hukum batuan untuk pembangunan masjid tidak akan bisa disalurkan oleh pemerintah daerah. Dan Pemerintah Kota Banjarbaru siap membatu dalam membuat mengurus badan hukum bagi semua masjid di Banjarbaru secara gratis.

H Nadjmi Adhani juga menyampaikan tentang pembangunan inprastruktur yang ada di wilayah Kecamatan dimana ada kegiatan rehabilitasi jalan (DAK) yaitu rehabilitasi jl. Sungai tiung ke kiram, jl. Sungai abit tembus batu ampar. Kegiatan rehabilitasi normalisasi saluran sungai. Normalisasi dan pemasangan siring sungai pumpung.kegiatan penyediaan prasarana dan sarana air limbah.

Pembuatan wc+septictank komunal untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah kel. Sungai tiung. Jadi, total kegiatan  pada tahun 2016 sebanyak 3 (tiga) kegiatan. Selain itu untuk kegiatan pembangunan tahun 2017 yang sedang di jalankan oleh dinas pekerjaan umum antara lain, kegiatan pembangunan gedung kantor Pembangunan gedung serbaguna.

Kegiatan rehabilitasi sungai dang sumber daya air lainnya. Rehabilitasi siring sungai ujung murung. Kegiatan penyediaan sarana dan prasarana air limbah. Pembuatan toilet umum. Kegiatan penyediaan sarana dan prasarana ail limbah (DAK). Yaitu pembuatan WC plus septik tank komunal untuk rumah masyarakat berpenghasilan rendah.

Pada kesempatan itu Walikota Banjarbaru H Nadjmi Adhani didampingi Wakil Walikota Banjarbaru Darmawan Jaya Setiawan dan Camat Cempaka H Abdul Malik saat menyerahkan bantuan untuk Masjid Nurul Fajar dari Pemerintah Kota Banjarbaru sebesar Rp 50.000.000,-, dan penyerahan zakat, infaq dan sadaqah untuk mualaf.

Guru mengaji, pakir miskin, kaum masjid dan anak yatim piatu dari pemerintah Kota Banjarbaru bekerjasama dengan Bank Kalsel Cabang Banjarbaru, masing-masing kelurahan yang ada di Kecamatan Cempaka mendapatkan lima perwakilan yang telah di pilih oleh Baznas Kota Banjarbaru./f

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017