Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Direktorat Lalu Lintas Polda Kalsel melakukan pengecekan terhadap kesiapan angkutan Pertamina di PT Pertamina Depot Banjarmasin di Jalan Kuin Selatan, Kelurahan Kuin Cerucuk Kecamatan Banjarmasin Barat.

"Kami melaksanakan giat pengecekan kesiapan angkutan BBM Pertamina dalam rangka kesiapan Satgas BBM antisipasi arus mudik Lebaran 2017," kata Kasubdit Dikyasa Ditlantas Polda Kalsel AKBP Nina Rahmi di Banjarmasin, Jumat.

Pada kesempatan itu, Kasubdit Dikyasa yang didampingi dua perwira AKP Chaidir dan AKP Volvy Apriana berkoordinasi dengan Pertamina untuk menyiapkan armada angkutan yang akan diuji petik.

Kemudian dilakukan pengecekan laik jalan mobil opsnal Pertamina tangki BBM seperti pemeriksaan panel armada seperti klakson, hand rem, pedal gas, pedal rem, pedal kopling, lampu rotari, lampu sen, lampu dim, lampu panjang dan lampu pendek.

Selanjutnya petugas juga melakukan pengecekan safety tools seperti kotak P3K, red cone, pengganjal ban, dan tool kits lainnya.

Sang sopir truk tangki pun tak luput dari pemeriksaan anggota Polantas. Satu persatu pengemudi dicek administrasi surat berkendaranya seperti SIM Driver apakah sesuai dengan peruntukkannya, pengecekan administrasi kendaraan bermotor seperti STNK, KIR, administrasi BBM�dan lain sebagainya.

"Setelah dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat, terakhir baru dilakukan pemasangan stiker Satgas BBM dan LPG Lebaran 2017 pada kendaraan," tutur Nina Rahmi kepada wartawan Antara.

Menurut Srikandi Ditlantas Polda Kalsel itu, pihaknya ingin memastikan penyiapan stok BBM dari Pertamina dalam menghadapi arus mudik tahun ini. Namun yang tak kalah pentingnya, kata Nina, kesiapan dari para sopir itu sendiri untuk senantiasa mematuhi peraturan lalu lintas dengan tertib di jalan agar keamanan dan kelancaran berlalu lintas terus terjaga.

Selama pemeriksaan, AKBP Nina Rahmi dan jajaran turut didampingi

OH Terminal BBM PT. Pertamina Persero Banjarmasin Akhmad Khalidi besert para staf operasionalnya. 

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017